Komisi III DPRD Riau Usulkan BRK Jadi Bank Syariah

  • DRN
  • 10 Jul 2018, 20:02:26 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Komisi III DPRD Riau yang membidangi pajak dan BUMD, berencana untuk mengusulkan Bank Riau Kepri untuk dirubah dari bank konvensional menjadi bank syariah.

Sekretaris Komisi III DPRD Riau, Suhardiman Amby mengatakan, dengan dirubahnya BRK menjadi bank syariah seluruhnya, maka akan lebih sempurna dan menguntungkan dengan sistim bagi hasil. Selain itu, ini juga bisa membantu masyarakat agar tidak terjerat dalam riba.

“Modal BRK hampir mencapai Rp 30 triliun, maka semua kegiatan keuangannya harus di kelola secara baik oleh manajemen BRK dengan syariah. Dengan sistim bagi hasil, maka akan lebih banyak lagi keuntungan yang akan didapatkan oleh BRK nantinya,” ujarnya kepada awak media.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, dengan sistim syariah akan lebih sehat dari bank konvensional dan akan lahir semangat berusaha.

“Hasilnya pun halal, dan tidak menjadi beban dunia akhirat. Kalau hanya membungakan uang, tidaklah sehat,” ulasnya.

Diharapkan, dengan berubahnya BRK dari bank konvensional menjadi bank syariah maka akan masyarakat yang bergabung menjadi nasabah BRK.

"Untuk perubahan menjadi BRK syariah tidak perlu Pergub atau Perda, namun cukup melalui RUPS pemilik saham di BRK. Ada banyak daerah di Indonesia yang menerapkannya seperti Aceh dan NTB,” tuturnya. DP

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia