Koperasi di Riau, Hanya 20 Persen Yang Aktif

  • DRN
  • 03 Agu 2015, 12:18:59 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com – Pada tanggal 5 Agustus mendatang Komisi B DPRD Riau berencana akan menggelar hearing dengan satker yang bermitra dengan Komisi B, terkait evaluasi terhadap kinerja mereka dan juga dalam menghadapi APBD Perubahan 2015,hal ini disampaikan oleh anggota Komisi B Samsurizal saat di wawancarai di ruang kerjanya.

Samsurizal mengatakan, dalam APBD-P mendatang Komisi B akan memprioritaskan koperasi, karena koperasi di Provinsi Riau sendiri sampai saat ini kinerja dan produktifitasnya masih sangat rendah.

" Fokus kita nanti kepada peningkatan koperasi, karena bagaimanapun juga kita harus membina koperasi ini kembali sebagai soko guru di bidang ekonomi. Kami memfokuskan terhadap pembinaan managemen koperasi itu sendiri, terutama oprasionalnya,"ujar Samsurizal.

Samsurizal mengatakan, dari 3000 koperasi yang ada di Riau, hanya 20 persen yang aktif sedangkan selebihnya banyak yang tutup dan tidak aktif karena rendahnya managemen yang ada di koperasi tersebut.

" Rendahnya jumlah koperasi yang aktif di Provinsi Riau itu sendiri, disebabkan oleh karena minimnya kepercayaan anggota kepada unsur managemen yang ada di koperasi tersebut, namun untuk mengembangkan koperasi itu kembali maka kita harus meingkatkan managemen yang ada di koperasi tersebut,"

Dirinya juga menambahkan, pihaknya akan memberikan tenaga pendamping untuk setiap koperasi yang ada di Riau serta melibatkan salah seorang unsur dari Dinas Koperasi untuk dapat membantu dan membina para anggota koperasi yang ada di seluruh Kabupaten - Kota yang ada di Provinsi Riau.

" Mungkin kita akan memberikan tenaga pendampin, kemudian struktur organisasi koperasinya sendiri akan ditata ulang sedemikian rupa dan kalau bisa unsur dari Dinas Koprasi terlibat dalam koperasi tersebut. Mungkin sekitar 6 bulan di tempatkan disitu dan pastinya orang yang akan di tempatkan di masing-masing koperasi tersebut adalah orang orang yang sudah berpengalaman, " tutupnya. (DP)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia