KPU Rohul Tegaskan Dukungan Partai Dualisme Pengurus Harus Mengusung Satu Paslon Sama

  • DRN
  • 28 Jul 2015, 19:32:09 WIB

PASIRPENGARAIAN, detakriaunews.com- Ketua KPU Rohul Fahrizal ST.MT menegaskan bahwa Partai Politik (Parpol) yang mengalami dualisme kepengurusan harus memiliki persetujuan dari dua kepengurusan. Hal tersebut di ungkapkan Fahrizal saat menggelar konfrensi pers, usai menerima pendaftaran Balonbup Rohul Hafith Syukri Nasrul Hadi di kantor KPU selasa  (28/72015).

penegasan tersebut disampaikan fahrizal menjelaskan alasan KPU Rohul menolak syarat dukungan dari partai PPP untuk pasangan Hafith Nasrul yang hanya memiliki rekomendasi dari PPP versi Romahurmuzy.

Menurut Fahrizal sesuai aturan PKPU No 12 tahun 2015 pasal 36 ayat 4, bagi Partai Politik yang mengalami Dualisme kepengursan, harus mendapatkan persetujuan dari masing-masing kubu. Jika tidak mendaptkan persetujuan dari masing-masing kubu, KPU tidak bisa menerima dukungan tersebut dan dijadikan sebagai partai pengusung.

“ Aturan dalam PKPU no 12 tahun 2015 itu jelas bahwa parpol yang mengalami dualisme kepengurusan harus mendapatkan persetujuan dari masing-masing kubu, jadi jika salah satu pasangan calon hanya memiliki satu rekomendasi dari salah satu versi, Dukungan Parpol itu tidak bisa di jadikan sebagai partai pengusung” jelas Fahrizal.

Fahrizal menyebutkan, bahwa syarat dukungan partai politik harus di sertakan pada saat mendaftar tidak bisa menyusul kemudian. Setiap pasangan juga tidak bisa menambah ataupun mengurangi dukungan parpol jika sudah menerima surat tanda terima dari KPU (T.T1).

Begitupun untuk partai dualisme kepengrusuan. Jika pada saat mendaftar, paslon hanya memiliki satu rekom dari salah satu pengurus, pasangan tersebut tidak lagi bisa menyertakan parpol tersebut, meski dukungan dari kubu lainya di dapatkan di hari yang berbeda.

“ Jadi, jika ada paslon yang pada awalnya, mendapatkan rekom dari satu kubu partai dualisme kepegurusan dan sudah menerima tanda Terima (T.T.1) , paslon tersebut tidak lagi bisa menambahkan parpol tersebut meski rekom dari kubu lainya sudah diterima pada hari berbrda"  pungkas  fahrizal. (Ar)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia