Limbah Pabrik Sawit SML Diduga Cemari Sungai Pejangki

  • DRN
  • 24 Agu 2016, 10:48:01 WIB

Rengat, Detakriaunews.com – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menurunkan tim ke lokasi Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dan sungai di Sungai Pejangki. Pasalnya, BLH Kabupaten Inhu menerima laporan tentang dugaan adanya kolam penampung limbah milik PT Sumatera Makmur Lestari (SML) yang bocor.

“Senin (22/8), ada laporan tentang dugaan bocornya limbah PKS milik PT SML. Sehingga, Selasa (23/8), sejumlah pegawai yang tergabung dalam tim langsung diturunkan,” ujar Kepala BLH Kabupaten Inhu Moch Bayu Setiya Budiono SH MH, kemarin (23/8).

Untuk itu sebutnya, hasil turun lapangan tim belum dapat disampaikan tentang dugaan bocornya kolam penampung limbah PKS. Begitu juga tentang dampak yang ditimbulkan oleh limbah PKS di Sungai Penjangki Kecamatan Batang Cenaku.

Sementara itu aparat Pemerintahan Desa Pejangki Kecamatan Batang Cenaku, bersama anggota DPRD Inhu Suharto SH mendatangi pabrik PKS milik PT SML, Selasa (23/8). Kedatangan rombongan itu lantaran ratusan ikan di Sungai Pejangki mati diduga akibat limbah PKS tersebut sengaja dibuang ke sungai.

Kepala Desa Pejangki Atan Puji mengatakan, ratusan ikan mati diketahui sejak Sabtu (20/8) akhir pekan kemaren. Diantara jenis ikan yang mati itu yakni jenis ikan baung, gabus, sepat dan lainnya.


Halaman Berikutnya:

1 2 NEXT

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia