Lirik Usaha Ekonomi Kreatif Melalu Ajang Pertunjukan Seni, Pekanbaru Berpeluang Besar

12 Okt 2017, 14:19:51 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Meski kehadiran usaha ekonomi kreatif di Riau mulai  berkembang sejak 2 tahun terakhir, namun ada sejumlah sektor yang harus digali lebih dalam dan diperbaiki. Bahkan untuk Kota Pekanbaru sendiri, usaha ekonomi kreatif melalui pertunjukan seni daerah dinilai sangat berpotensi untuk dikembangkan.

Ketua Prodi Magister Management Universitas Riau yang juga merupakan mantan Kadisdik Pekanbaru, Prof Zulfadil mengatakan, potensi pengembangan usaha ekonomi kreatif di Riau cukup besar, terutama di daerah perkotaan seperti Pekanbaru dan Dumai. Jika pemerintah dan pelaku usaha bisa bersinergi, maka pertumbuhan ekonomi bisa ikut terdongkrak.

"Saya melihat Visi Kota Pekanbaru yakni Smart City, bisa membantu para pelaku usaha ekonomi kreatif untuk lebih berkembang. Kita terkenal dengan produk kuliner, kerajinan dan pertunjukan seni budaya melayu yang bisa dijadikan sebagai ikon kota. Kenapa ini gak dikembangkan, kan ini ciri khas daerah untuk menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung. Pertunjukan seni itu paling banyak peminat, hanya saja cara promosinya harus jeli dan unik," ungkap Zulfadil kepada Detakriaunews.com, Kamis (12/10).

Dengan adanya pelatihan dan dukungan dana atau akses modal dari pihak pemerintah, diharapkan mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Terlebih lagi, saat ini kita berada dalam ajang pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sehingga produk yang dihasilkan bisa dijual ke pasar internasional. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...