Masuk Musim Kemarau, Provinsi Riau Naikkan Status Siaga Karhutla

  • DRN
  • 13 Feb 2018, 15:07:37 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com – Menurut prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, menyatakan bahwa Riau akan telah memasuki musim kemarau pertama pada tahun 2018. Hal tersebut ditandai, dengan munculnya beberapa titik api (hotspot) di Provinsi Riau.

 

Untuk mengantisipasi adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Pemerintah Provinsi Riau akan segera menaikkan status siaga karhutla. Selain akan menaikkan status siaga karhutla, BPBD Provinsi Riau juga sudah melakukan upaya-upaya preventif untuk mencegah karhutla di Riau.

 

“Kami sudah melakukan koordinasi untuk penetapan status siaga dalan waktu dekat. Masing-masing BPBD Kabupaten/Kota sudah mempersiapkan langkah-langkah preventif, dalam mencegah terjadinya karhutla seperti menyebarkan himbauan Gubernur Riau dan Kapolda Riau,” ujar Edward Sanger selaku Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau, Selasa (13/02).

 

Edward Sanger juga menghimbau kepada BPBD Kabupaten/Kota yang daerahnya sudah muncul hotspot, agar segera melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait untuk penetapan status siaga darurat di daerahnya masing-masing. Selain itu, daerah nantinya juga akan diberikan pendampingan dari BPBD maupun BNPB Pusat.

 

BPBD Provinsi Riau saat ini sedang melakukan koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk memeinjamkan Helikopter dalam melakukan Water Boombing (WB) di Provinsi Riau.

 

“Kita sedang melakukan koordinasi dengan BNPB, agar bisa memberikan bantuan pinjaman helikopter untuk Provinsi Riau,” tutup Edward Sanger. BS

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia