Masuk Suku Mandailing, Firdaus Resmi Sandang Marga Nasution

  • DRN
  • 26 Feb 2018, 10:28:31 WIB

Detakriaunews.com, PASIRPENGARAIAN- Calon Gubernur Riau, DR. H. Firdaus ST. MT, Minggu (25/2/2018) menjalani prosesi Masuk Suku Mandailing Napituhuta. Setelah resmi Masuk Suku Mandailing, Calon Gubernur Riau Nomor urut 3 ini, berhak menyematkan Marga “Nasution” pada namanya.

 

Prosesi Masuk Suku Cagubri Yang diusung Partai Demokrat PPP dan PBB ini, berlangsung dalam prosesi adat Napituhuta, di Rumah Adat Suku Mandailing, Bagas Godang Dalian Natolu, Desa  Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Rokan Hulu.

 

Prosesi masuk suku diawali dengan sidang adat yang dilakukan di rumah orang tua angkat DR H Firdaus . Sidang adat, diikuti seluruh Pucuk Suku Napituhuta (7 kampung) terdiri dari Pucuk Suku Khaiti, Pucuk Suku Sialang, Pucuk Suku Menaming, Pucuk Suku Pawan, Pucuk Suku Batang Samu, Pucuk Suku Tanjung Berani dan Pucuk Suku Janji Raja.

 

Usai sidang adat, DR H Firdaus kemudian di arak menuju Bagas Godang melakukan prosesi upah-upah dan pengumuman penyerahan marga dihadapan seluruh warga yang dipimpin  langsung Ketua Kerapatan Adat Tangun sekaligus Pucuk Adat Napituhuta, Bangun Nasution bergelar Sutan Silindung.

 

"Anak kemanakan kita, DR H Firdaus, ST, MT kita beri Marga Nasution dan istrinya Hj Asmita Firdaus diberikan marga Boru Lubis " tegas Bangun Nasution bergerlar Sutan Silindung dihadapan ratusan Keluarga Besar Napituhuta.

 

Adapun yang melatarbelakangi pemberian marga yakni setelah melihat kepemimpinan serta kepribadian DR H Firdaus, ST, MT selama ini. Apalagi perhatian yang diberikan selama ini kepada masyarakat Mandailing juga layak diapresiasi.

 

" sekarang, Pak Firdaus adalah bagian dari keluarga mandailing napituhuta, jadi tidak ada alasan bagi masyarakat mandailing untuk tidak membantu dan memenangkan Pak Firdaus “ ujar Ramlan Lubis, Panitia acara.

 

Sementara itu, Cagubri DR H Firdaus, ST, MT dihadapan para Ninik mamak dan pucuk adat, para Mursyid, Tokoh Masyarakat dan undangan mengaku terharu dan merasa terhormat atas penganugerahan marga Nasution Kepada dirinya. Ia menyatakan, masyarakat mandailing di rohul tidak asing lagi baginya.

 

“sutan silindung ke 11 Tamrin nasution itu adalah guru politik saya, apalagi isteri beliau masih berkeluarga dengan saya, kemudian saat menjadi kepela dinas PU saya juga ikut menata pembangunan jalan di desa Tangun ini.” Kata Firdaus,

 

Firdaus Mengharapkan, dengan telah diterimanya dirinya menjadi keluarga besar Suku Mandailing, diharapkan dapat mempererat tali sialturahmi dan lebih saling mengenal serta bersinergi dalam membangun.

 

“20 tahun lalu saya sudah ikut memikirkan bagaiamana pembangunan kampung ini. apalagi setelah menjadi bagian dari keluarga besar suku mandailing, tentunya tanggung jawab saya semakin besar untuk membangun Kampung ini.

 

“ hanya satu konsep saya jika nanti dipercaya sebagai gubernur, saya  ingin membangun riau madani maju dan berkeadilan” ujarnya.

 

Tampak Hadir dalam kegiatan prosesi adat masuk suku Firdaus ini Ketua DPD partai demokrat Provinsi Riau Asri Auzar SH,Msi, Ketua Tim Koalisi Firdaus-Rusli, Drh Chaidir, Anggota DPRD Prov. Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri, Anggota DPRD Riau dan Anggota DPRD Rohul dari Partai Demokrat dan PPP Serta  Pengurus Partai Bulan Bintang. (Ar)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia