Masyarakat Harus Pertahanan Kearifan Lokal

  • DRN
  • 25 Jul 2015, 15:45:27 WIB

TANJUNGMEDANG, detakriaunews.com – Untuk menjadi Pantai Rupat Utara sebagai kawasan pariwisata unggulan dan primadona di Kabupaten Bengkalis dan Provinsi Riau pada umumnya, masyarakat dituntut untuk mempertahankan kearifan lokal yang ada di daerah itu.

“Pantai Rupat Utara ini memiliki pesona yang luar biasa, ini merupakan sebuah potensi besar untuk pengembangan sektor wisata, untuk itu saya minta kepada seluruh elemen masyarakat Rupat Utara mempertahankan kearifan lokal yang ada di sini,” ungkap Bupati Bengkalis Herliyan Saleh dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Hj Umi Kalsum saat membuka acara Festival Pantai Rupat 2015, Sabtu (25/7/2015) di Pantai Pesona, Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara.

Lebih lanjut Umi Kalsum mengatakan, pengembangan sektor wisata harus didukung dengan kearifan lokal, seperti tradisi masyarakat setempat. Terlebih masyarakat Rupat Utara ini sangat akrab dengan kehidupan pantai dan laut, sehingga menjadi modal penting dalam memajukan kawasan pariwisata pantai di daerah ini. Dicontohkannya, sektor wisata di Bali yang tetap eksis dengan mempertahankan budaya dan tradisi masyarakatnya.

Terpenting menurut mantan Kepala Dinas Koperasi UMKM ini, masyarakat Rupat harus menjadi pelaku utama dalam pengembangan sektor wisata di daerah ini. Apalagi, pantai Rupat Utara ini sudah ditetapkan sebagai kawasan destinasi wisata nasional oleh pemerintah pusat. Jangan sampai dengan penetapan sebagai destinasi wisata nasional ini, masyarakat lokal hanya menjadi penonton dalam pengembangan sektor wisata. Masyarakat bisa menanfaatkan keberadaan kawasan wisata, untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan, misalnya menjadi pedagang cenderamata, membuka usaha home stay dan membuka usaha kuliner setempat.


Halaman Berikutnya:

1 2 NEXT

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia