Meski Sehat, Batasi Konsumsi 5 Makanan Ini

Detakriaunews.com - Berbicara tentang makanan sehat, tentu kamu disarankan untuk rajin mengonsumsinya dengan jumlah yang cukup banyak demi mendukung kesehatan tubuh. 


Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis makanan sehat yang sebaiknya tak kamu konsumsi berlebihan sebab bisa merusak kesehatan secara perlahan? berikut adalah contohnya.

 
1. Salmon 
 
Salmon memang ikan yang menyehatkan. Tingginya kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya disarankan untuk dikonsumsi demi mendukung kesehatan otak serta mempercepat sistem metabolisme tubuh.

Namun mengonsumsi salmon, terutama yang diasap akan membahayakan kesehatan tubuhmu. Sebab saat salmon diasap, maka akan menghasilkan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dan paparan zat ini dalam waktu lama bisa meningkatkan risiko kanker.
 
2. Kombucha

Kombucha adalah fermentasi teh yang kaya nutrisi. Mengonsumsinya berlebihan diketahui bisa meningkatkan asam lambung dan membahayakan mereka yang sudah lama mengidap penyakit ini. Selain itu, mengonsumsinya terlalu sering bisa meningkatkan risiko gigi berlubang.

3. Tuna

Tuna dianggap sebagai salah satu jenis ikan yang menyehatkan. Namun karena tingginya kandungan merkuri dalam tuna, kamu tak boleh mengonsumsinya setiap hari, terutama saat kamu sedang hamil atau menyusui bisa membahayakan kesehatanmu.

Keracunan merkuri bisa menyebabkan masalah penglihatan dan kelemahan otot.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung lemak jenuh sedang yang jika dikonsumsi secara bijak bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah. Setiap 1 sendok makan minyak kelapa mengandung 121 kalori.

Meskipun demikian, kamu disarankan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak sebab bisa membahayakan kesehatan darahmu.

5. Minyak sayur

Minyak sayur merupakan jenis minyak nabati tidak disarankan untuk kamu gunakan menggoreng. Sebab suhu panas bisa membuat minyak sayur melepaskan bahan kimia yang disebut dengan Aldehida. Terlalu banyak terpapar zat ini dapat menyebabkan risiko kanker meningkat. 

Penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan minyak sayur yang dipanaskan mampu membuat kandungan aldehida meningkat 100 hingga 200 kali. Jumlah ini melebihi yang disarankan oleh WHO.

Meski jenisnya makanan sehat, ternyata kamu tetap tak boleh mengonsumsinya secara berlebihan seperti contoh makanan di atas. Selain tak boleh mengonsumsi berlebih, pastikan bahwa kamu memilih bahan makanan yang masih segar untuk dikonsumsi. (merdeka)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).