Mie Instan Bisa Picu Asma, Ini Cara Sehat Mengkonsumsinya

03 Okt 2017, 11:03:18 WIB

Detakriaunews.com – Ragam penyebab asma bisa hadir di lingkungan tempat kita tinggal. Pemicu asma bisa disebabkan oleh debu, perubahan cuaca, bahkan makanan yang mudah dijangkau seperti mi instan.

Mi instan memiliki bumbu penyedap rasa yang bagi sebagian besar anak-anak bisa menimbulkan alergi. Tak jarang alergi bumbu penyedap rasa dapat memicu serangan asma secara tiba-tiba pada si kecil.

"Alergi bisa macam-macam, mulai dari binatang hingga makanan. Biasanya, makanan yang menyebabkan alergi hingga memicu asma yaitu kacang, cokelat, tomat, hingga mi instan," ujar Spesialis Paru, Prof. Faisal Yunus kepada VIVA.co.id baru-baru ini.

Sedangkan mi-nya saja sebenarnya bukan pemicu alergi. Jadi yang memicu alergi adalah zat yang terkandung di dalam bumbu pengawet yang sering dikonsumsi berlebihan.

"Kalau mau, mi instan boleh dimasak mi saja, tapi bumbunya dibuat sendiri oleh ibunya. Zat dalam bumbu penyedap rasa itu bisa memicu asma, jadi sebaiknya dihindari dengan membuat racikan bumbu sendiri," kata dia.

Tidak hanya itu, jajanan yang kerap kali disantap anak berisiko memicu alergi sehingga asma bisa terjadi. Banyaknya pengawet dan pewarna buatan yang ada di dalam jajanan tersebut membuatnya berpotensi mengakibatkan nserangan asma.

"Seperti jualan es di pinggir jalan, rentan memicu asma juga karena ada pewarnanya itu. Makanan dan jajanan lainnya bisa mengandung pengawet yang bahaya untuk anak. Jadi, sebaiknya para ibu bisa membuat makanan sendiri dari hasil racikannya," ucap Faisal.(viva.co)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...