Pantau Pelanggaran dan Berita Hoax, Setiap Paslon Wajib Daftarkan 5 Akun Medsos ke KPU

  • DRN
  • 13 Feb 2018, 17:14:31 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com – Satu hari sebelum dilakukannya proses kampanye serentak untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018, para pasangan calon kepala daerah diwajibkan mendaftarkan 5 akun media sosialnya ke KPU Riau. Hal tersebut bertujuan, agar memudahkan Bwaslu Riau dalam melakukan pemantauan bagi setiap paslon yang melakukan pelanggaran.

Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan mengatakan, pendaftaran akun media sosial ini diwajibkan untuk menghindari penyalahgunaan media sosial dan penyebaran berita palsu dalam Pilkada Serentak bulan Juni mendatang.

"Kita menargetkan, harus bersih di seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Riau. Untuk kampanye di media sosial sendiri, seharusnya satu hari sebelum masa kampanye dimulai, akunya sudah harus disampaikan jadi masing-masing paslon dihimbau untuk segera melaporkan itu," pungkas Rusidi kepada Detakriauews.com, Selasa (13/02) siang.

Lebih lanjut dikatakannya, jika nanti ditemukan adanya pasangan calon yang melakukan kampanye diluar akun yang sudah didaftarkan Ke KPU Riau, pihaknya akan memberikan sanksi kepada pasangan calon tersebut.

"Apabila ada akun yang melakukan kampanye diluar yang didaftarkan, otomatis pasangan calon ini sudah melakukan pelanggaran. Sanksinya bagi mereka yang tidak melaporkan bisa sebuah teguran kepada pasangan calon dan kita akan berkordinasi dengaan instansi terkait untuk memblokir akun tersebut," paparnya.

Pihaknya pun mengakui, pemantauan media sosial bukan hal mudah karena berbagai informasi tak jelas dan hoax bisa berkembang dengan cepat. Atas dasar itu KPU, Bawaslu dan seluruh masyarakat agar dapat bekerja sama dalam mengawasi media sosial menjelang pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Riau bulan Juni mendatang.

Kkita berharap seluruh lapisan masyarakat, dapat memberikan informasi kepada Bawaslu Riau Apabila ada akun-akun yang tidak terdaftar namun melakukan kampanye," tutupnya. DP

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia