Pantauan Dari Heli, Ada Pembalakan Liar di Hutan Suaka Margasatwa Kerumutan, Pelalawan

13 Jan 2017, 09:17:40 WIB

PEKANBARU - Selain menemukan aktivitas pembakaran Taman Nasional Tesso Nillo (TNTN), Satgas Udara Penanggulangan Kebakaran Hutan Riau juga menemukan aktivitas perambahan di Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan, Kabupaten Pelalawan.

Aktivitas ilegal logging atau pembalakan liar tersebut diketahui setelah helikopter Super Puma TNI AU, Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, melakukan patroli di SM Kerumutan, Kamis 12 Januari 2017, sore.

"Setelah patroli di TNTN, kami melanjutkan ke Kerumutan. Di sana ditemukan perambahan besar-besaran," ucap Kadis Ops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Letkol Firman Dwi Cahyono.

Berdasarkan pantuan udara, SM Kerumutan yang selama dikenal dengan hutan lindung, kondisinya terlihat porak poranda. Terlihat ada aktivitas perambahan dan kapal yang menarik kayu di antara kanal.

Bahkan petugas juga menemukan ada pondok-pondok milik perambah. Dengan adanya aktivitas perambahan di kawasan yang dilindungi negara, aparat kepolisian diminta segera bertindak cepat.

"Telah terjadi penggundulan hutan Kerumutan. Terlihat kayu-kayu di sana ditebangi dan diangkut pakai kapal," tegasnya. (sindonews)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...