Pasca Adu Mulut di Bandara, Kordias Pasaribu dan Suhardiman Ambi Berdamai

  • DRN
  • 02 Des 2017, 15:28:52 WIB

Pekanbaru, Detakriauews.com – Pasca terlibat aksi adu mulut di ruang VIP Bandara SSK II Pekanbaru pada 31 Oktober lalu, Kordias Pasaribu dan Suhardiman Ambi akhirnya memilih untuk berdamai setelah dimediasi oleh Lembaga Adat Melayu Riau, Sabtu (02/11) siang.

Momen perdamaian tersebut, ditandai dengan prosesi potog kerbau dan maka bajambau bersama ratusan tamu undangan yang hadir. Majelis Perdamaian Adat dipimpin langsung oleh Ketua MKA LAMR, Datuk Seri Al Azhar dan Ketua DPH LAMR Datuk Seri Syahril Abu Bakar serta disaksikan langsung tokoh adat Kuansing, pengurus LAMR, tokoh panguyuban Batak, pengurus partai PDIP serta para undangan. Ketua DPH LAMR Datuk Seri Amanah Adat, Syahril Abubakar memgatakan, bahwa untuk pertama dan terakhir kalinya supaya tidak ada lagi silang sengketa.

"Apalagi kita semua adalah masyarakat Riau, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Kita selaku masyarakat Riau selalu mengetengahkan, bahwa jangan ada dinding atau sekat antar kita. Biar beda suku kita sama-sama harus satu dan saling menghormati dan kita adalah orang Riau," ungkap Syahril Abubakar seperti dikutip dari Riuaterkini.com, Sabtu (02/12) siang.

Menurutnya, kedua tokoh ini adalah perwakilan rakyat Riau yang merupakan perpanjangan tangan masyarakat dalam pemerintahan, mungkin saja ada kesalahan kesilapan dalam menjalankan tugasnya. Apalagi, adanya keterbukaan Kordias Pasaribu yang telah menyerahkan persoalan ini ke LAMR.

"Jadi kita jangan lagi terganggu, dengan persoalan yang terjebak emosi sesaat. LAMR selama ini siap terbuka dan menampung hajat hidup masyarakat,” tambah Syahril.

Salah satu proses yang dilakukan dalam Majelis Perdamaian Adat, yaitu Pembacaan Warkah dilakukan Marjhoan Yusuf. Prosesi perdamaian secara adat selanjutnya adalah penyerahan Kain Empat Kayu secara simbolis dilakukan oleh Kordias didampingi oleh Syaripuddin Poti dan dari pihak Datuk Suhardiman Ambi menyerahkan keris secara simbolis. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia