Pasca Penangkapan ASN Miliki Sabu, Diskes Kampar Gelar Tes Urin

  • DRN
  • 07 Agu 2018, 14:30:46 WIB

BANGKINANG,Detakriaunews.com  - Dua hari pasca penangkapan oknum aparatur sipil negara (ASN) Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Kampar AE alias GP (38) karena kepemilikan narkoba jenis sabu-sabu, Diskes Kampar bekerjasama dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kampar dihari pertama masuk kerja pekan ini Senin (6/8/2018) langsung melakukan tes urin. 

Dari pantauan, tes urin ini ditinjau Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Sekretaris Daerah Kampar Yusri Datuk Bandaro Mudo, Kadis Kesehatan Nurbit dan Ketua Harian BNK Kampar H Fauzan Domo. 

Tes urine ini dilakukan terhadap 68 pegawai Diskes yang dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar. 

Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto sangat menyesalkan adanya oknum ASN apalagi dari Diskes Kampar yang terlibat dalam penggunaan narkoba.

"Terus terang kita sangat khawatir dengan apa yang kita dengar dari pemberitaan yang terjadi baru-baru ini, setelah kita baca ternyata salah seorang ASN yang terlibat perilaku yang tidak terpuji ini," ungkap Catur. 

Menurutnya, selaku penyelenggara pemerintahan dan pelayan masyarakat haruslah memiliki jiwa dan jasmani yang sehat dan baik karena sebagai pelayan masyarakat dituntut untuk itu. 

Pegawai harus tahu mana yang baik dan mana yang tidak baik yang memberikan efek kepada diri kita maupun kepada instansi ataupun kepada daerah.

"Karena kita dituntut untuk dapat menjauhi perbuatan yang dapat mencoreng marwah daerah," tegas Catur. 

Mantan anggota DPRD Kabupaten Kampar dari Partai Golkar periode 2004-2019 dan 2009-2014 itu menambahkan, dari sisi apapun sangatlah tidak baik menggunakan narkoba apalagi dilakukan oleh seorang ASN yang notabene adalah sebagai contoh. 

"Kita ketahui Dinas Kesehatan adalah contoh bagaimana hidup sehat baik jasmani, rohani maupun mental, disamping kita dituntut untuk bekerja disiplin dan benar kita juga diminta untuk memiliki mental kerja yang baik apalagi kita ini berada di Negeri Serambi Mekkahnya Riau," ucap Wabup Kampar. 

Dikatalan, Negeri Kampar adalah negeri yang berbudaya, beradat, agamis tentu ini dicerminkan oleh perilaku dan tindakan dari aparaturnya. 

Oleh sebab itu Wakil Bupati Kampar meminta kepada seluruh ASN agar jangan pernah mendekati dan coba-coba terhadap narkoba ini, jika sudah terlibat akan sulit untuk kembali pada kehidupan normal. 

Kegiatan tes urin ini merupakan antisipasi terhadap penggunaan narkoba bagi seluruh ASN agar tidak terlibat dalam penggunaan maupun peredaran narkoba. 

“Kita harus berkomitmen dengan rasa keimanan yang tumbuh di hati kita terhadap ini, tidak bisa dipaksa-paksa, kita tanamkan di dalam hati kita untuk menjauhi narkoba dari kehidupan kita," harap Catur. 

Pegawai Pemkab Kampar diminta betul-betul bersih, jauh dari narkoba karena ini bertentangan dengan agama, adat dan norma maupun dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Perilaku pegawai diharapkan tidak merusak sistem pemerintahan. 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Nurbit menyampaika, tea urin ini dilakukan untuk menyikapi adanya penangkapan terhadap ASN Diskes Kampar AE alias GP, Sabtu (4/8/2018) kemarin oleh polisi dariSatuan Narkoba dan Satuan Reskrim Polres Kampar. 

"Kita ambil langkah-langkah yang harus kita ambil, salah satu melakukan koordinasi dengan BNK Kampar, untuk memastikan bahwa kita berkomitmen untuk menjauhi narkoba, maka pada hari ini kita lakukan tes urin kepada seluruh ASN di lingkungan Dinas Kesehatan Kampar. Kita memastikan tidak ada lagi pegawai Dinas Kesehatan yang terlibat dengan narkoba ini," tegas Nurbit. 

Sementara itu Ketua Harian BNK Kampar Fauzan Domo dalam sambutannya menyampaikan, sesuai dengan perintah pimpinan daerah, BNK Kampar langsung melakukan tes urin terhadap seluruh pegawai Diskes Kampar sesaui dengan standart operasional prosedur (SOP) dan hasilnya akan diserahkan kepada pimpinan untuk tindak lanjuti. (riauterkini.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia