Pejabat Hasil Assesment Tak Kunjung Dilantik, Komisi A Kunker ke Payakumbuh

  • DRN
  • 14 Des 2017, 15:54:30 WIB

Kuansing, Detakriaunews.com - Untuk mengetahui konsekuensi hukum terhadap pejabat yang lolos assesment beberapa waktu yang lalu, Komisi A DPRD Kuansing menggelar kunjungan kerja (Kunker) ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Kota Payakumbuh, Rabu (13/12) lalu.

Dari hasil Kungker tersebut, Ketua Komisi A DPRD Kuansing, Musliadi menjelaskan, setelah melakukan assesment Pemerintah Kota Payakumbuh dalam hal ini Walikota, segera melakukan pelantikan hanya dalam waktu kurang dari 2 bulan.

“Jadi disana mereka sudah menggelar assement sebanyak 2 kali, setelah assement mereka kemudian melakukan pelantikan para pejabat haya dalam tempo 36 hari,” ujarnya.

Berbeda dengan di Kuansing ujarnya, assement pertama sudah dilaksanakan pada bulan Oktober lalu namun hingga berakhirnya Desember 2017 ini, belum nampak tanda-tanda akan adanya pelantikan pejabat.

Yang menjadi pertanyaan Komisi A, ujar Musliadi, apakah assement yang sudah dilaksanakan di Kuansing tidak akan menjadi masalah secara hukum, jika dalam tahun 2017 ini tidak dilakukan pelantikan.

“Konsekuensi hukum terhadap pejabat yang telah lolos assement dan anggaran yang digunakan bagaimana nantinya, kalau tidak ada masalah ya tidak apa, tetapi kalau bermasalah kan juga payah kita,” ujarnya.

Pasalnya, tenggang waktu 36 hari sudah terlewati kata Musliadi menambahkan. Untuk itu, Komisi A perlu mempertanyakan hal ini kepada Pemkab.

Apalagi ujarnya, sejumlah jabatan saat ini masih dipegang oleh Plt termasuk Sekda. Hal ini tentu kurang maksimal, karena belum dipegang oleh pejabat defenitif.

“Mengenai siapa yang akan dilantik Bupati untuk mengisisi jabatan yang telah di assesment atau job fit nantinya, itu merupakan kewenangan dan hak prerogratif  Bupati selaku kepala daerah dan kepala pemerintahan di Kuansing,” ungkap Musliadi. PAT

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia