Pemkab Rohul Usung 8 Program Prioritas di 2019

  • DRN
  • 27 Feb 2018, 17:14:03 WIB

Pasir Pengaraian, Detakriaunews.com - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Rohul, mulai menyusun Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019 mendatang. Sedikitnya, ada 8 agenda program prioritas yang akan dilakukan Pemkab Rohul pada tahun 2019 mendatang.

Kepala Bapeda Rohul, Nifzar Rahman mengatakan, tema pembangunan Rokan hulu Tahun 2019 masih pada pemenuhan kebutuhan infrastruktur pendukung untuk menjaga konektivitas desa dan kota, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Menurut Nifzar, 8 program tersebut yakni peningkatan infrastruktur dasar dan konektivitas antar wilayah, peningkatan akses pendidikan dan kesehatan yang berkualitas.

“Kemudian, penguatan ekonomi kerakyatan yang berbasis potensi lokal serta menciptakan iklim usaha yang kondusif. Penguatan pertanian dan ketahanan pangan dalam rangka pengerasan desa rawan pangan. Pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran. Peningkatan sektor pariwisata dan lingkungan hidup yang berkelanjutan. Memantapkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintah serta menjaga kondusifitas keimanan dan keharmonisan dalam kemajemukan agama dan budaya,” jelas Nifzar.

Dikatakan Nifzar, muara 8 program prioritas ini diharapkan dapat menurunkan angka kemiskikan dari 11,05 persen menjadi 8,67 persen. Sementara itu, angka pengangguran Rohul saat ini berada di posisi 5,7 persen atau sekitar 39.000 jiwa.

Meski ditengah keterbatasan anggaran daerah, Nifzar mengaku optimis bisa mengoptimalkan 8 program prioritas tahun 2019 tersebut dengan memaksimalkan anggaran dari APBD Riau dan APBN. Dikataknya, untuk 2019 mendatang, usulan Rohul yang bersinergi dengan nasional di APBN sekitar Rp 4,20 triliun.

“Data usulan sudah masuk ke Bapenas dan Insyaallah selama program itu bersinergi dengan program nasional, maka kemungkinan besar akan diakomodir oleh pemerintah pusat. Sementra yang tidak bersinergi, kita akan berupaya meyakinkan pemerintah pusat karena itu adalah prioritas daerah,” pungkas Nifzar. AR

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia