Pemprov Riau Diminta Berikan Konsep Beasiswa yang Menguntungkan

  • DRN
  • 12 Feb 2018, 17:47:13 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com – Meski setiap tahunnya Pemerintah Provinsi Riau selalu mengucurkan dana miliaran rupiah untuk program beasiswa S1, S2 dan S3, namun hal itu dinilai tidak cukup sampai disana. Wakil rakyat di DPRD Riau meminta, agar Pemprov Riau bisa membuat konsep beasiswa yang mengutungkan bagi daerah.

Beasiswa yang dikucurkan tersebut terbagai ke dalam sejumlah seperti Bidik Misi, Bhakti Negeri dan Beasiswa MIPA. Untuk mahasiswa S1mendapatkan dana beasiswa sebesar Rp 3,5 juta per tahun, sedangkan untuk mahasiswa D3 mendapatkan dana sebesar Rp 2,5 juta per tahun. 

Ketua Komisi V DPRD Riau, Aherson mengatakan, Pemprov Riau sudah harus merubah konsep beasiswa yang ada selama ini. Politisi Demokrat Riau ini mencontohkan, salah satu provinsi yang ada di Kalimantan tidak sembarangan memberikan beasiswa kepada putra-putri daerahnya dengan melakukan MoU bahwa selesai kuliah mereka harus megabdi untuk daerah.

“Mahasiswa di Kalimantan sengaja di kirim ke luar negeri, salah satunya untuk mendalami ilmu tentang transportasi kereta api. Setelah mereka tamat, mereka kembali ke daerah dan diberdayakan. Sedangkan Pemprov Riau apa, anak-anak kita yang merupakan tamatan dari luar negeri malahtidak diberdayakan,” beber Aherson.

Pada pekan lalu, Gubernur Riau telah menyerahkan dana beasiswa kepada sejumlah perguruan tinggi di Riau baik negeri atau swasta dengan jumlah yang bervariasi. Diantaranya seperti Umri, UR, Unilak, UIN Suska Riau dan UIR. DP

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia