Pemprov Riau Raih Prediket WTP dari BPK-RI, DPRD Riau Apresiasi

  • DRN
  • 30 Mei 2017, 17:28:58 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com – Pemerintah Provinsi Riau menerima predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan RI, atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun Anggaran 2016. Hal tersebut digelar dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Riau, tentang Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2016.

Rapat paripurna istimewa tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Riau - Septina Primawati dan dihadiri Gubri - Arsyad Yuliandi Rahman serta Anggota VII BPK RI - Eddy Mulyadi Soepardi, serta sejumlah anggota dewan, Forkopimda dan pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Riau.

Ketua DPRD Riau, Septina Primawati mengatakan, berdasarkan MOU yang dilakukan antara anggota 6 Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau pada tanggal 5 Oktober 2010 yang lalu.

"Mengingat salah satu pasal dari hasil kesepakatan tersebut, dijelaskan pada pasal 7 ayat 1 bahwa penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD). Oleh karena itu rapat paripurna istimewa dewan perwakilan rakyat daerah provinsi ini, merupakan wujud dari hasil kesepakatan yang tertuang di dalam kegiatan yang dilakukan dalam rapat Badan Musyawarah dewan perwakilan rakyat daerah provinsi Riau beberapa waktu yang lalu," ujarnya.

Sementara itu, Anggota VII BPK RI - Eddy Muliadi Soepardi dalam pidatonya mengatakan, pemeriksaan bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan sesuai peraturan perundang-undangan kriteria yang digunakan untuk memberikan opini terhadap kewajaran laporan keuangan. Pertama kesesuaian penyajian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan, kedua kecukupan informasi laporan keuangan dan ketiga efektivitas sistem pengendalian intern dan keempat kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Halaman Berikutnya:

1 2 NEXT

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia