Pengelolaan Blok Rokan, BEM UR Tak Ingin Riau Sekedar Jadi Penonton

  • DRN
  • 09 Agu 2018, 14:03:52 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau (BEM UR), menggelar aksi demo di depan Kantor DPRD Riau, Kamis (09/08) siang. Para mahasiswa mendesak pemerintah daerah, untuk segera mengupayakan dan memastikan agar BUMD turut serta dalam pengelolaan Blok Rokan.

Aksi tersebut dilakukan, bertepatan dengan digelarnya sidang paripurna istimewa Hari Jadi Provinsi Riau ke-61. Tepat 31 Juli lalu, Kementrian ESDM  RI telah menunjuk PT Pertamina sebagai operator Blok Rokan yang selama ini dikelola asing.

"Dan sesuai dengan Permen 37 tahun 2016 PI tentang ketentuan penawaran PI, Provinsi Riau sudah saatnya ikut mengelola Blok Rokan diluar PI yang 10 persen. Sudah saatnysa, Riau unjuk kebolehan dalam mengelola minyak yang selama ini dikelola oleh pihak asing. BUMD kita banyak, silahkan PT Pertamina bekerjasama dalam pengelolaan Blok Rokan ke depan," ungkap salah seorang mahasiswa saat menyampaikan orasinya.

Mereka mengecam tindakan pemerintah pusat, dengan tidak melibatkan Riau dalam perundingan penentuan operator Blok Rokan sesuai UU Migas. Meski pada akhirnya, sudah ada lampu hijau dari pusat agar PT Pertamina menggandeng BUMD tempatan untuk bekerjasama.

"Dan mewujudkan kedaulatan energi Nasional, berdasarkan keadilan bagi daerah penghasil migas dan negara kesatuan Republik Indonesia. Kami tidak ingin Riau hanya menjadi penonton saja," tutupnya. DP

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia