Penyerapan Anggaran Rendah, Komisi A DPRD Rohil Angkat Bicara

  • DRN
  • 07 Agu 2015, 13:30:05 WIB

Bagansiapiap, Detakriaunews.com - Ketua Komisi A DPRD Rohil, Abu Khoiri mengaku heran dengan rendahnya daya serap anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) pada tahun 2015 ini. Padahal, DPRD dan pemkab sudah sama-sama berupaya untuk mengesahkan APBD dengan cepat sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat beberapa waktu lalu.

"Kali ini saya heran betul kenapa serapan APBD Rohil sangat rendah, apa tidak ada yang mau bekerja atau memang tidak ada kegiatan yang dikerjakan," kata Abu Khoiri, kepada wartawan.

Rendahnya penyerapan anggaran yang terjadi merupakan preseden buruk atas kinerja pemerintah daerah padahal nilai APBD Rohil cukup tinggi begitu juga DBH dan berbagai bantuan yang digelontorkan dari pemerintah pusat. Jangan sampai penyerapan yang rendah itu nanti akan berdampak pada pengurangan atau dihapusnya bantuan dari pemerintah pusat termasuk pemotongan Dana Bagi Hasil (DBH).

Dia menegaskan pihaknya tidak bisa memahami dimana letak permasalahan, sehingga menjadi kendala bagi pemerintah dalam hal ini khususnya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk melakukan kegiatan sesuai dengan yang telah diprogramkan sebelumnya oleh masing-masing SKPD tersebut.

"Lebih jauh Abu Khoiri menilai, agar pemerintah bisa mengarahkan kegiatan yang benar-benar bertujuan untuk pencapaian kualitas dan memberikan rasa pembangunan yang adil bagi seluruh masyarakat. Jangan sampai pembangunan hanya terkesan terpusat di satu daerah saja. Khusus di kota Bagansiapiapi misalnya, telah banyak dibangun berbagai infrastruktur yang khusus di pusatkan di kawasan Batu Enam, Bagansiapiapi.

"Sudah saatnya pemerintah daerah menggesa SKPD terkait untuk segera melaksanakan kegiatan yang ada. Jika tidak sebaiknya diberikan sanksi atau dikurangi anggaran untuk APBD yang akan datang," pungkasnya. (WIL)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia