Prihatin, Abrasi di Pulau Rangsang Jadi Prioritas Instiawati Ayus

11 Nov 2016, 13:33:13 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com – Saat menyambangi Kabupaten Kepulauan Meranti dalam rangka kunjungan kerjanya, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia - Instiawati Ayus, justru dicurhati masalah ancaman abrasi. Dimana, ancaman nyata abrasi ini, disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti - Said Hasyim.

Memanfaatkan pertemuan dengan Instiawati Ayus, Said Hasyim meminta bantuan dalam hal mengatasi masalah abrasi di Pulau Rangsang dan pulau-pulau lain, serta mengembangkan potensi pertanian di kota Sagu.

"Abrasi di Pulau Rangsang rata-rata mencapai delapan meter  per tahun. Sejauh ini Pemkab Kepulauan Meranti dan masyarakat setempat, sudah berupaya mengatasi masalah abrasi, namun karena keterbatasan anggaran upaya mengatasi abrasi itu kurang maksimal," kata Said Hasyim.

Padahal, masyarakat sekitar juga sudah melaukan penanaman pohon mangrove, namun tetap saja tidak berhasil dan belum maksimal. Pemda Kepulauan Meranti mengharapkan, agar  program mengatasi abrasi ini bisa dibantuk anggaran dari provinsi dan pusat.

Mendengar keluhan ini, Instiawati Ayus mengaku, mereka memang fokus terhadap masalah abrasi ini yang perlu mendapatkan solusi bersama antara kabupaten, pemprov dan pemerintah pusat.

"Kita harus bekerja keras memikirkan dan mengusulkan, agar penanganan abrasi ini menjadi prioritas," ujar Instiawati Ayus. ***

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...