Prihatin, Sekdaprov Riau : Kasus Agus Dwi Sumarno Wajib Jadi Pelajaran

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau - Ahmad Hijazi mengaku prihatin atas kasus hukum yang menimpa Staf Ahli yang juga mantan Kepala Dinas Cipta Karya Riau, Dwi Agus Sumarno. Penetapan DAS sebagai tersangka, telah menambah daftar panjang pejabat Pemprov Riau yang tersangkut kasus korupsi.

Meski tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah, namun Ia juga tetap menghargai proses hukum yang dilakukan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau. Sebelumnya, Kejati Riau telah menetapkan Dwi Agus beserta 17 orang lainnya yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan swasta, dalam kasus dugaan korupsi pembangunan RTH Taman Tunjuk Ajar Integritas yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani - Pekanbaru.

“Sangat prihatin, siapa yang tak prihatin. Tapi kita ini kan punya tanggung jawab masing-masing. Makin banyak pejabat kita yang tersangkut kasus hukum, padahal sudah dilakukan pembinaan," kata Ahmad Hijazi seperti yang dilansir dari laman Riauterkini.com, Jumat (10/11). 

Sekda menambahkan, hal ini tentu saja menjadi pelajaran bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau dalam menjalankan kegiatan anggaran.  Karena itu, Hijazi kembali mengingatkan, pentingnya meresapi makna dari integritas.

“Setiap ASN, harus memahami tugas dan fungsi masing-masing termasuk menjalankan sesuai dengan ketentuan. Kita itukan bekerja diberi akal dan sikap. Kalau sekiranya kita tak mampu mempertangungjawabkannya kenapa kita lakukan," ujar Hijazi. 

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah melalui beberapa proses penyidikan mulai dari pengumpulan alat alat bukti serta penyitaan dokumen, Tim Penyidik tindak pidana khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) menetapkan 18 orang tersangka. Dari 18 tersangka yang ditetapkan tersebut, 5 di antaranya merupakan pihak swasta atau kontraktor sedangkan 13 tersangka lagi merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdiri dari, Kepala Dinas (Kadis), Kabid, Tim Pemeriksa Hasil Pekerjaan PHP (PHO) beserta anggota serta kelompok kerja pada proyek tersebut. BRB

 
 
 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).