Promosikan Puncak Ranah, Disbudpar Rohul Gandeng Mahasiswa

  • DRN
  • 24 Feb 2018, 15:06:51 WIB

Pasir Pengaraian, Detakriaunews.com -  Objek Wisata  Puncak Ranah, yang berada di Desa Koto Ranah Kecamatan Kabun - Rohul, ternyata menyimpan sejuta keindahan yang luar biasa. Meski menawarkan panorama yang eksotis, sayangnya objek wisata ini masih kurang promosi sehingga membuat Disbudpar Rohul harus bekerjasama dengan sejumlah pihak termasuk kalangan mahasiswa.

Dari ketinggian kurang lebih 900 Mdpl, para pecinta ketinggian bisa merasakan Pesona Gulungan Ombak Awan di Puncak Koto Ranah,‎ serta menikmati pesona Sunset dan Sunrise atau matahari terbit dan terbenam di Puncak Ranah. Dari atas puncak, pengunjung bisa melihat hamparan awan yang indah di waktu pagi, batu-batu besar dan hamparan Danau PLTA Koto panjang.

Agar lebih dikenal oleh masyarakat luar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Rohul menggandeng sejumlah mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP) untuk mempromosikan wisataPuncak Ranah. Salah satunya, melalui kegiatan Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) yang digelar Mahasiswa UPP di Desa Koto Ranah sejak tanggal 22-25 Februari 2018.

Kepala Disbudpar Rohul, Yusmar mengatakan, mahasiswa memiliki peran strategis dalam mempromosikian pariwisata di Rohul. Mereka kerap mengupload foto dan share informasi di media sosial, sehingga akhirnya terekspose ke masyarakat luar.

“Melalui aku media sosial, mereka aktif memberikan informasi seputar pariwisata di Rohul kepada teman kampus, keluarga atau kenalan di dunia maya. Hal itulah yang mendorong masyarakat luar, untuk datang dan menikmati langsung pariwisata yang ada di Rohul,” ungkap Yusmar.

Bupati Rokan Hulu - Sukiman, juga memberikan apresiasi terhadap langkah Disbudpar Rohul, yang merangkul mahasiswa dalam mempromosikan pariwisata, khusunya Objek Wisata Puncak Ranah di Desa Koto Ranah. Sukiman mengaku, peran aktif mahasiswa dan generasi muda yang tergabung dalam komunitas sadar wisata,  membuat dirinya sangat bersemangat untuk membangun Objek Wisata di Desa Koto Ranah ini.

“Tetunya kita akan bangun Objek Wisata Koto Ranah ini. Mudah-mudahan, dengan adanya kegiatan KBM ini, mahasiswa bisa mempotret keadaan sesungguhnya serta memberikan informasi kepada pemerintah, tentang apa yang perlu dibangun dan dikemabngkan disini. Ingat, membangun itu tiak bisa dilakukan sendiri saja oleh pemerintah tapi harus dilakukan bersama-sama" ujar Mantan Dandim Inhil ini. AR

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia