Ratusan Tenaga Pendidikan dan Kesehatan Tak Diakomodir, APBD P Kuansing Terancam Ditunda

Kuansing, Detakriaunews.com - Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD P) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) memanas. Pasalnya Pemerintah Daerah (Pemkab) Kuansing tidak mengakomodir pegawai honor kontrak yang tidak menerima gaji sejak Januari 2017, sehingga DPRD menunda penetapan RAPBD P 2017. Akhirnya pembahasan yang dilakukan hingga Jumat (3/11) malam ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

 
Pemda berdalih hanya membutuhkan 357 orang tenaga honor yang terdiri dari Satpol PP, petugas pemadam kebakaran (damkar), petugas kebersihan dan tenaga administrasi. Sedangkan sebanyak 668 tenaga pendidik dan 20 tenaga kesehatan yang telah bekerja sepanjang tahun 2018 tidak diakomodir Pemda. 
 
"DPRD tidak setuju jika Pemda tidak mengakomodir semua pegawai honor yang telah bekerja selama 10 bulan, kalau DPRD setuju berarti kami telah mendzolimi rakyat", ujar Ketua Komis A DPRD Kuansing Musliadi S.Ag
 
Musliadi menambahkan, keinginan Badan Anggaran (Banggar) DPRD semua tenaga honor yang bekerja sejak Januari tersebut diakomodir oleh Pemkab. 
 
"Jadi, honor yang bekerja sejak Januari tersebut di SK kan, supaya bisa dibayarkan gajinya", tambah Musliadi.
 
Terkait, tenaga pendidikan dan kesehatan yang tidak diakomodir oleh Pemkab, Musliadi menyarankan agar menanyakan langsung kepada Dinas yang bersangkutan.
 
"Jika ingin kejelasan, Guru dan tenaga kesehatan silahkan mempertanyakan langsung kepada dinas yang bersangkutan agar semuanya jelas", kata Musliadi.
 
Ketua DPRD Kuantan Singingi Andi Putra SH MH menyatakan, penundaan pengesahan APBD P tahun 2017 ini karena Pemkab tidak bisa memberikan data yang valid kepada DPRD. 
 
"DPRD tidak mau jika data honorer belum valid, karena akan berpengaruh pada penyaluran anggaran", ujar Andi Putra.(PAT)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).