RIbuan Senjata Api Tak Berizin Dimusnahkan

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan pada puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Brimob yang ke-72 di Markas Brimobda Polda Riau, Jalan Durian, pada Selasa (14/11) pagi. 
 
Salah satu kegiatannya ialah pemusnahan 1.657 senjata api yang tak memiliki izin penggunaan. Senjata api tersebut diperoleh dari hasil Operasi Sapu Jagad.
 
"Banyak senjata yang tidak memiliki izin. Sampai sekarang juga ada rakitan yang tidak memiliki izin supaya tidak digunakan untuk hal-hal bertentangan," ujar Kapolda Riau, Irjen Pol Nandang pada Selasa pagi.
 
Nandang menyebutkan senjata api yang dimusnahkan terdiri dari senjata api standar TNI/Polri sebanyak 244 pucuk dan senjata api rakitan sebanyak 1.413 pucuk. "Penangkapan tahun 1990an sekian. Kita simpan di gudang, karena makan tempat dan perlu dirawat jadi kita putuskan untuk memusnahkan," sebutnya.
 
Untuk peredaran senjata api di Riau tak terlalu signifikan. Namun apabila senjata api digunakan untuk kegiatan olahraga maka akan diizinkan tapi pengguna harus memenuhi syarat dan ketentuan.
 
"Di Riau (peredarannya, red) tak begitu banyak. Tapi untuk olahraga seperti Perbakin itu sah saja. Setelah latihan harus dititip lagi barangnya," tutup kapolda Riau. (BS)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).