RTRW Disahkan, DPRD Riau Kawal Evaluasi Kemendagri

25 Sep 2017, 16:03:57 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Setelah Ranperda RTRW pada Senin (25/09) siang disahkan menjadi Perda, DPRD Riau melalui pimpinan berencana akan segera menyampaikan hasil Perda RTRW tersebut kepada Kemendagri melalui Gubernur Riau. Hal ini bertujuan, agar tidak terjadi kecurangan ataupun perubahan data dalam RTRW Riau nanti.

Wakil Ketua DPRD Riau, Sunaryo mengatakan, pihaknya akan mengawal perkembangan Perda RTRW tersebut agar secepatnya tuntas di evaluasi oleh Kemendagri.

"Kita bersyukur dengan dukungan dan komitmen seluruh anggota DPRD Riau, Perda RTRW yang di tunggu bertahun-tahun lamanya bisa disahkan," ujarnya.

Politisi PAN Riau ini mengakui, kerja pansus RTRW Riau tidak sempurna dan memuaskan seluruh pihak, terkait adanya beberapa usulan dari Pemkab yang belum terakomodir.

"Namun yang terpenting, kepentingan masyarakat terakomodir dan yang bukan untuk masyarakat tidak dimasukan di RTRW Riau itu. Setelah hasil evaluasi tersebut selesai, Kabupaten/Kota se Riau diharapkan juga membuat Perda khusus dengan mengacu kepada RTRW Riau," paparnya.

Seperti diketahui, usulan lahan yang akan diholding zone dalam RTRW Riau luasnya mencapai angka 405.847 hektar. Arahan peruntukan ruang dengan rincian fungsi kawasan seluas 9.012.876 hektar yang terdiri dari, kawasan lindung 873.822 hektar dan kawasan budidaya 8.069.344 hektar. DP

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...