Sediakan Sirkuit Motor, Pemko Pekanbaru Fasilitasi Hobi Otomotif Kawula Muda

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Aksi kebut-kebutan atau juga balapan liar saat malam hari sangat banyak ditemukan disejumlah titik di Pekanbaru. Menimbang hal ini, Pemerintah Kota Pekanbaru merasa perlu memiliki tempat khusus bagi kawula muda untuk menyalurkan hobi otomotif tersebut dengan menyiapkan Sirkuit Balap Motor yang berada di Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya.

Pembangunan sirkuit balapan motor dengan lintasan sepanjang 3,1 kilomiter itu, menggunakan  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pekanbaru tahun 2013 lalu sebesar Rp 560 juta untuk tahap awal membangun lintasan.

“Salah satu tujuan dibangun sikuit, agar para remaja yang gemar otomotif apalagi memiliki hobi memacu laju kendaraan dapat tersalurkan karena ada sirkuit yang permanen,” ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pekanbaru, M Yusuf.

Selama ini para remaja tidak dapat menyalurkan hobi balap karena harus ke Bangkinang, Kabupaten Kampar, sekitar 60 km arah Barat Pekanbaru. Sirkuit balap  motor ini, pernah digunakan pada ajang PON XVIII/2012 lalu yang berada di atas lahan seluas 10 hektar dilengkapi sarana maupun prasarana pendukung seperti tribun penonton, arena gokart, tempat ganti pakaian, tempat perbaikan kendaraan dan sarana pendukung lainnya seperti tempat ibadah maupun toilet.

“Selain arena sirkuit, di area yang sama juga ada bumi perkemahan serta sirkuit motor cross,” sebut Yusuf.

Disamping itu, juga ada area pusat olahraga atau sport center   untuk basket, voli, takraw dan futsal.

“Kami tentu berharap  sport center bisa terus dipergunakan masyarakat Pekanbaru ,untuk mengembangkan bakat yang ada. Sehingga, bakat dan kemampuan yang dimiliki terutama oleh pemuda bisa tersalurkan ke arah yang positif,” pinta Yusuf.

Lebih jauh, Yusuf juga menyebut sirkuit motor yang dimiliki Pemko Pekanbaru juga sudah pernah digelar iven berskala nasional. Hal ini bertujuan, agar sirkuit yang ada di Pekanbaru juga dikenal oleh pecinta olahraga otomotif di tanah air.

Sedangkan bagi generasi muda Pekanbaru, diharapkan bisa menyalurkan hobinya di tempat yang tepat dan tidak lagi melakukan balapan liar di jalan. 

“Kalau balapan liar di jalan, tentu mereka akan menjadi target penertiban pihak kepolisian dan juga rawan terjadi kecelakaan. Kalau balapan sudah dilaksanakan ditempatnya, tentu bisa lebih terarah dan terencana,” papar Yusuf lagi. (ADV/KOMINFO/DISPORA)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).