Sejumlah Kawasan Terendam, Pelalawan Tetapkan Status Siaga Darurat Banjir

  • DRN
  • 18 Mar 2017, 14:16:12 WIB

Pelalawan, Detakriauews.com - Banjir yang merendam sejumlah wilayah sejak beberapa pekan terakhir, memaksa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan menetapkan status siaga darurat bencana banjir dan longsor hingga 25 Maret mendatang. Dengan ditutupnya pintu waduk PLTA Koto Panjang di Kabupaten Kampar, semoga banjir di Pelalawan bisa kembali surut.

"Penetapan status ini berdasarkan kondisi lapangan, juga petunjuk dari kepala daerah," terang Kepala BPBD Pelalawan, Hadi Penandio kepada awak media, Jumat (17/03) lalu.

Disebutkannya, penetapan status siaga darurat bencana banjir dan longsor berlaku sampai dengan tanggal 25 Maret mendatang.

"Surat Keputusan (SK) pemberlakukan status siaga darurat banjir dan longsor tersebut, telah ditandatangani Pak Bupati HM Haris," katanya.

Adapun sejumlah pihak yang ikut terlibat pada pemberlakuan siaga darurat ini, mulai dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan dan TNI/Polri, yang akan bergerak sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

"Koordinasi ke bawah, kita minta kepada Camat, Lurah dan Kades untuk memberikan informasi terkait kondisi yang ada di lapangan," jelasnya.

Hadi Penandio menambahkan, kondisi terkini banjir di Kecamatan Langgam, sudah terjadi penurunan muka air antara 4 sampai 10 centi meter.

"Mudahan banjir semakin surut. Apalagi sekarang pintu PLTA sudah di tutup, mudahan banjir semakin surut," pungkasnya. *** 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia