Seorang Warga Buluh Napis Diamankan, Diduga Terkait Terorisme

  • DRN
  • 22 Jun 2018, 10:35:06 WIB

BANGKINANG, Detakriaunews.com - Kepala Desa Buluh Nipis Kecamatan Siak Hulu, M. Rahmat cukup mengenal Ru, warganya yang ditangkap terkait terorisme. Meski secara dekat, ia tidak begitu sering berkomunikasi dengan Ru.

Rahmat mengatakan, Ru tidak aktif pada kegiatan desa. Ru belakangan ini sering keluar masuk desa. Sehingga jarang terlihat di desa. Lama Ru bepergian tidak tentu. Ia tidak tahu kegiatan warganya itu sehari-hari.

"Nggak tahu juga apa kerjanya. Tapi sering keluar desa. Terus balik lagi. Nggak tentu gitu," ujar Rahmat, Jumat (22/06). Tanpa rasa curiga sedikitpun, ia tidak begitu mencari tahu aktivitas Ru lebih jauh.

Rahmat mengenal Ru sebagai kaum intelektual desa karena seorang sarjana. Setahu dia, Ru lulusan Universitas Islam Negeri. "Kan hebat itu. Sarjana dia," katanya menggambarkan pandangan sosial warga setempat kepada orang berpendidikan tinggi di desa itu.

Menurut Rahmat, Ru bergaul seperti biasa sejak masyarakat mengenalnya. Artinya, tidak ada perubahan polah mencolok. Soal berkomunikasi di lingkungan tempat tinggalnya, ia juga menilai biasa saja.

"Pokoknya nggak ada yang aneh. Biasa-biasa aja," tandas Rahmat. Meski tidak pasti diketahuinya, perilaku Ru berubah karena masalah rumah tangga. Informasi yang dia dengar, Ru sudah berpisah dengan istrinya sekitar dua tahun.

Setelah menikah, Ru tidak tinggal di Buluh Nipis. Namun kembali tinggal di desa setelah tidak bersama istrinya lagi. Ia pun tidak tahu apakah Ru dan istrinya sudah resmi bercerai atau belum. "Mungkin agak stress dia sejak pihak dengan istrinya," katanya.‎

Rahmat mengalu lebih mengenal ayahnya seorang Imam Masjid di desa itu. Ayahnya adalah ASN yang bekerja sebagai pegawai Tata Usaha di sebuah SMP. Ayahnya adalah penduduk asli Buluh Nipis. Namun sempat menetap di Bengkalis setelah menikah.

Menurut Rahmat, ibu Ru diketahui berasal dari Bengkalis. Sampai Ru lahir, keluarga tersebut masih di Bengkalis. Kemudian pindah dan kembali menetap di Buluh Nipis sampai sekarang. (TribunPekanbaru.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia