Sepakat Genjatan Senjata, Anggota Pasukan Pemberontak Suriah Diberi 2 Pilihan

  • DRN
  • 07 Jul 2018, 09:57:11 WIB

DARAA, Detakriaunews.com  - Pemberontak Suriah di kawasan Daraa, selatan Damaskus, pada Jumat (6/7/2018), dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan Rusia untuk gencatan senjata.

Tercapainya kesepakatan tersebut memberi kesempatan bagi kelompok pemberontak dan warga sipil di Daraa untuk menyelesaikan status mereka dengan rezim pemerintah di bawah perlindungan Rusia.

Anggota pasukan pemberontak juga diberi pilihan antara meninggalkan Daraa untuk bergabung dengan kelompok oposisi lain di Suriah barat laut atau tetap di Daraa namun berada di bawah kekuasaan rezim pemerintah.

Pasukan propemerintah yang mendukung rezim Presiden Bashar al Assad telah menguasai rute utama di sepanjang perbatasan dengan Yordania hingga perlintasan perbatasan Nassib, sebagai bagian dari kesepakatan.

Titik perbatasan, yang masih di bawah kendali oposisi, adalah salah satu target utama dari serangan pasukan pemerintah yang telah berlangsung selama lebih dari dua pekan di Suriah selatan.

Dengan dikuasainya kembali kawasan ini maka diharapkan pemerintah dapat membawa pembaruan dalam transaksi perdagangan dengan negara tetangga, Yordania.

Juru bicara operasi pemberontak selatan, Ibrahim Jabbawi membenarkan, kesepakatan dengan Rusia sebagai sekutu rezim Suriah, yang meliputi gencatan senjata dan penyerahan persenjataan berat.

"Selain itu juga penyerahan kembali jalur perbatasan dengan Yordania kepada pasukan propemerintah," kata Jabbawi, dilansir dari The New Arab.

Moskwa sebagai sekutu utama Damaskus bertindak sebagai penengah dalam pembicaraan antara kelompok pemberontak dengan pasukan pro-rezim Suriah.

Perundingan dilakukan di wilayah Suriah selatan yang berbatasan dengan Yordania dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel. Upaya perundingan sempat gagal pada Rabu (4/7/2018), yang diikuti dengan serangan udara sepanjang hari oleh pasukan rezim dengan didukung Rusia, mendesak kelompok pemberontak hingga akhirnya bersedia kembali untuk negosiasi. (KOMPAS.com)

 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia