Setelah BMP Riau, Kini Travel Kiblatain Jaya Wisata Telantarkan Puluhan Jemaah

  • DRN
  • 07 Apr 2018, 14:41:22 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Kasus penipuan Umrah kembali terungkap, setelah Travel Bumi Wisata Permata (BMP) kini giliran Travel Umroh PT Kiblatain Jaya Wisata (KJW) yang bermasalah. Puluhan warga yang menjadi korban penipuan tersebut, melakukan langkah hukum yakni memberikan somasi kepada Travel Umrah KJW.

Sebanyak 50 calon jemaah dari beberapa Kabupaten Kota di Riau ini mengaku, dijanjikan untuk diberangkatkan ke tanah suci. Namun setelah sampai di lokasi transit (Kuala Lumpur), mereka ditantarkan begitu saja oleh pihak biro Travel Umrah yang berkantor di Jalan Imam Munandar, Pekanbaru tersesebut.

Salah seorang Jemaah calon Umrah, Hasyim mengatakan, sebanyak 38 calon Jamaah dari Rohil telah memberikan uang keberangkatan sebesar Rp 23,5 juta kepada pihak travel. Mereka dijadwalkan, akan berangkat tanggal 28 Maret 2018 yang lalu.

"Saat itu kami sudah sampai di Pekanbaru tanggal 27 Maret dan diberikan penginapan selama 1 malam, sebelum keesokan harinya diberangkatkan ke Kulala Lumpur. Dan setelah tiba di KL, kami menunggu sekitar 2 jam namun nama kami tak kunjung dipanggil untuk diberangkatkan ke Mekah," ujarnya kepada wartawan.

Setelah menunggu berjam-jam, para calon Jamaah yang mayoritas para lansia ini akhirnya memutuskan mencari penginapan di Kuala Lumpur tersebut.

"Karena tidak ada kepastian dan pertanggung jawaban dari pihak travel, kami menginap dan makan menggunakan uang pribadi selama di Malaysia selama 4 hari. Sampai akhirnya, kami memutuskan untuk kembali ke tanah air karena kehabisan biaya," imbuhnya.

Akibatnya, Hasyim mengaku, dirinya dan jemaah umroh lainnya mengalami kerugian material dan inmateril.

Melalui Kuasa Hukumnya, Nandi Syukri mengatakan, pada Senin (09/04) depan mereka akan melakukan mediasi atara Jemaah dan pihak travel dan meminta ada etikat baik dari pihak travel untuk melakukan kesepakatan dihadapan notaris. Hal ini bertujuan, agar ada kepastian hukum antara pihak travel dan calon Jamaah.

"Kami meminta ada kepastian hukum dari pihak travel, jangan hanya surat edaran yang mereka berikan kepada Jamaah. Ini sama saja memberikan harapan-harapan kepada mereka," paparnya.

Seperti diketahui, PT Kiblatain Jaya Wisata yang bergerak dibidang jasa Travel Haji dan Umroh tersebut, telah mendapatkan izin dari Kanwil Kemenag Riau pada Tahun 2017 lalu. Pada bulan Febuari 2018 yang lalu, travel ini membuka Kantor Cabang di Jalan Imam Munandar dan diresmikan langsung oleh Kasi Pembinaan Haji Dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Riau yakni Abdul Wahid. DP

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia