Si Kustom Trike Harley Ojo Dumeh Nan Super Kece

07 Okt 2017, 15:04:35 WIB

Yogyakarta, Detakriaunews.com – Kustom trike merah ini merupakam gabungan sepeda motor dan mobil, sengaja disajikan sebagai hadiah bagi pengunjung Kustomfest 2017. Model kustom yang dinamakan Ojo Dumeh itu, ternyata juga punya banyak kisah dengan rancangan serta desain yang unik dan super kkece.

Seperti yang dilansir dari Kompas.com, Nahkoda proyek Ojo Dumeh, Director Kustomfest, Lulut Wahyudi menjelaskan, setengah bodi ke depan dirancang sebagai motor. Shockbreaker depan springer diapit setang kustom, di tengah rangka kustom terpasang mesin 1.200 cc Harley-Davidson Buell berikut charging system dan transmisinya.

Sementara itu dari tengah bodi ke belakang dibangun agar senyaman mobil, acuan kaki-kakinya diambil dari Porsche 914. Bagian yang ditiru suspensi independen berikut differential-nya. Menyambungkannya dengan rantai, tata letak, serta dudukannya dibuat kustom.

Menyematkan kemampuan mobil di roda belakang Ojo Dumeh, bikin berkendara jadi lebih mudah. Pasalnya, saat berbelok suspensi akan bekerja sendiri-sendiri hingga membantu traksi ban lebih baik.

Menyempurnakan tampilan Ojo Dumeh, warna merah pada bagian bodinya merupakan penghargaan buat sponsor Suryanation Motorland. Selain itu juga ada ukiran tangan di bagian mesin yang proses pengerjaannya penuh tekanan dan tidak boleh salah karena tidak bisa diulang.

Terkait nama Ojo Dumeh, Lulut menjelaskan diambil dari ungkapan dalam bahasa Jawa yang merupakan nasehat dari tokoh pewayangan Kiai Semar. Menurut Lulut, Ojo Dumeh bisa dimaknai sebagai refleksi yang secara filosofi mengarahkan untuk introspeksi diri.  

“Maka itu motor ini kami namakan Ojo Dumeh, artinya jangan merasa lebih dan sok. Artinya kita harus membumi. Nasehat itu sesuai dengan kondisi negara kita yang hiruk pikuk dan kita kembali lagi ke budaya. Ojo dumeh,” ujar Lulut. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...