Siak Lakukan Peremajaan 14 Ribu Hektar Lahan Sawit

  • DRN
  • 06 Apr 2017, 14:49:07 WIB

Siak, Detakriaunews.com - Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau, ikut terpacu oleh upaya Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam meningkatkan luas area tanam dan produksi padi dan jagung.

Sejalan dengan peningkatan luas areal tanam dan total produksi nasional, daerah yang dipimpin Bupati Syamsuar juga memasang target cukup tinggi untuk penambahan luas tanam dan produksi gabah.

Hal itu dilakukannya karena sektor pertanian terbukti mampu menyerap lebih dari 26 persen tenaga kerja dari keseluruhan angkatan kerja di daerahnya.

"Sektor ini juga telah memberikan kontribusi 27.23 persen dr total PDB Kabupaten Siak," katanya di acara penanaman padi dan jagung perdana seluas 5.000 hektar di Kecamatan Bunga Raya, Rabu (5/4).

Berbagai ikhtiar dan cara peningkatan produksi tanaman pangan terus diupayakannya melalui program-program peningkatan produksi tanaman pangan dan hortikultura.

Pada 2016 produksi padi di Kabupaten Siak mencapai angka 38.089 ton gabah atau setara dengan 24.072 ton beras. Angka ini naik sebesar 25, 68 persen dari tahun sebelumnya.

Dari sisi luas tanaman padi juga terdapat peningkatan dari tahun 2015 yakni dari 7.582 hektare menjadi 7.611 hektare di 2016.

Kenaikan luas tanaman disebabkan adanya kegiatan pengembangan tanaman padi di beberapa kecamatan dengan sumber dari dana APBN.

Peningkatan luas tanam dari Kabupaten Siak juga terdorong peningkatan indeks pertanaman di beberapa kecamatan serta penambaham luas areal sawah baru yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat.

"Sementara rencana luas tanam padi pada tahun 2017 seluas 9.136 hektare," ujarnya menyampaikan target Pemkab Siak, di depan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian Spudnik Sudjono.

Target itu didasarkan pada Indek Pertanaman Siak dua kali setahun, dari total lahan yang telah tersedia seluas 4.675 hektare.

Sedangkan rencana luas tanam jagung tahun 2017 seluas 744 hektare. Untuk meningkatkan porsi jagung, Pemda Siak tahun ini melakukan kegiatan peremajaan tanaman kelapa sawit seluas 14 ribu hektare.

Kemudian akan dilakukan sistem tumpang sari dengan tanaman jagung.

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia