Sudah Saatnya Blok Rokan Dikelola Daerah

  • DRN
  • 10 Agu 2018, 18:45:12 WIB

PEKANBARU,Detakriaunews.com - Dorongan agar Blok Rokan tahun 2021 mendatang dikelola BUMD terus digulirkan oleh wakil rakyat di DPRD Riau. Salah satunya, Bagus Santoso, anggota DPRD Riau dari PAN.

"Sudah saatnya BUMD atau daerah yang mengelola Blok Rokan itu. Inilah kesempatannya," kata Bagus Santoso kepada riauterkinicom, Jumat (10/08/18).

Anggota Komisi II DPRD Riau ini sangat mendukung adanya aksi dari mahasiswa yang menyatakan sudah saatnya daerah mengelola Blok Rokan, bukan Pertamina.

"Di usia 61 tahun (Provinsi Riau,red), sudah saatnya pusat memberikan kado cantik dengan mempercayakan pengelolaan Blok Rokan kepada daerah," ujarnya.

Kendati pemerintah pusat sudah menunjuk Pertamina, namun penunjukan tersebut bisa saja berubah. Salah satu penyebabnya, pemerintah pusat dianggap sudah melanggar Undang-undang tentang Migas.

"Dalam Undang-undang itu dijelaskan, pemerintah pusat mesti melakukan konsultasi dengan daerah sebelum memutuskan pengelolaan Blok Rokan diberikan kepada siapa. Hari ini, konsultasi itu yang tidak dilakukan," jelasnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan, masih banyak putra Riau yang mampu mengelola Blok Rokan jika diberikan amanah. Banyak hal positif didapatkan Provinsi Riau jika mengelola Blok Rokan.

"Bukan soal PI 10 persen, tapi pemberian saham 50 persen dan lainya. Soal tekhnis, saya rasa bisa dirapatkan bersama, terpenting negara dengan BUMD," tutupnya. (riauterkini.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia