Tim Akreditasi Kemenhub RI Tinjau UPT Dishub Mandau

07 Nov 2017, 14:15:38 WIB
Duri, Detakriaunews.com -Tim Akreditasi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) Senin (6/11/17) sore meninjau kantor UPT Dishub Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis.Tim yang dipimpin Dadan selaku Kabag Kepegawaian Dirjen Perhubungan  Darat Kemenhub RI didampingi oleh Dishub Propinsi Onki Hertawan Kasi Prasarana dan Keselamatan  Dishub Propinsi Riau bersama anggotanya diterima oleh Kepala UPT Dishub Kecamatan Mandau Fahkhairul Yazid.

Menurut Dadan kunjungan ke UPT Dishub Mandau merupakan rangkaian kerja untuk melakukan akreditasi terhadap beberapa Kantor Dishub di 5 kabupaten yang ada di Propinsi Riau diantaranya Kabupaten Siak,Bengkalis,Dumai,Rohil dan juga Kabupaten Rohul.

" Kegiatan ini merupakan Amanat PP No 55 tahun 2012 tentang  kenderaan. Karena  itu kita akan melakukan  akreditasi di beberapa unit pengujian secara berkala terhadap setiap kenderaan bermotor ,kereta gandengan,dan kereta tempelan yang dioperasikan di jalan.Untuk itu perlu diketahui kesiapan sarana dan prasarana yang digunakan untuk pengujian tersebut,",kata Dadan usai melakukan akreditasi.


Ditambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan pra akreditasi  yang sebelumnya sudah dilakukan oleh Dishub Propinsi Riau
"Sasaran kita adalah peningkatan kwalitas pelayanan terutama alat yang digunakan dalam pengujian tersebut.,",imbuhnya.

Masih menurut Dadan bahwa untuk peralatan yang digunakan tersebut tergantung kepada pihak pemerintah kabupaten dan kota untuk  pengalokasian anggaran.Karena pengujian kenderaan merupakan PAD daerah.

"Harapan kita  pihak pemerintah daerah dan kota betul dapat mengalokasikan anggaran untuk pengadaan peralatan dalam melaksanakan pengujian kenderaan.Karena sektor tersebut merupakan sumber  PAD.Karena dengan peralatan yang berkwalitas akan memberi pengujian yang maksimal.Selain itu juga meningkatkan SDM personil yang ada secara maksimal,",harapnya.

Beberapa tinjauan yang dilakukan oleh Tim Akredasi terhadap peralatan yang ada di UPT Dishub Kecamatan Mandau  diantaranya Speediometer Tester ,brake tester ,head light tester ,side slip,diesel smoke meter dan juga Axle Load Tester Selain itu juga dilakukan pengecekan administrasi di ruang pendaftaran

Sementara itu Kepala UPT Dishub Kecamatan Mandau Fahkairul Yazid mengatakan  kehadiran Tim Akreditasi adalah merupakan program berkala yang dapat dijadikan sebagai evaluasi terhadap  peralatan di UPT ini.

"Kita harapkan dengan tinjauan tersebut dapat dijadikan sebagai evaluasi dan masukan.Untuk mengetahui sejauh mana  kwalitas peralatan yang digunakan dalam pengujian ,",harapnya (JR)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...