Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Sektor Pariwisata, DPRD Riau Stuban ke DPRD Jabar

  • DRN
  • 24 Mar 2017, 15:48:20 WIB
 Pekanbaru, Detakriaunews.com - Pariwisata telah mengambil peran penting dalam pembangunan perekonomian, yang dibuktikan dengan meningkatnya kesejahteraan ekonomi masyarakat dibeberapa daerah di Indonesia. Pembangunan pariwisata, juga memiliki kontribusi yang signifikan dalam pembangunan ekonomi daerah sebagai instrumen peningkatan pendapatan daerah.
 
Oleh sebab itu, Komisi E DPRD Riau yang membawahi bidang pariwisata dan kebudayaan, bebebrapa waktu yang lalu telah melakukan studi banding ke bebebrapa daerah yang dianggap telah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya disisi kebudayaan dan pariwisatanya, salah satu daerah yang mereka tuju yakni Kota Bandung - Provinsi Jawa barat.
 
"Prospek pariwisata di Riau sebenarnya sangat strategis, pengembangannya harus digarap secara serius, terarah dan profesional. Pariwisata juga dapat dijadikan penggerak berkembangnya sektor lain, yang dapat mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi daerah," ujar Masnur selaku Ketua Komisi E DPRD Riau.
 
"Bagaimana memeberdayakan soal kebudayaan di sana, pariwisata di sana. Di Ibukota Bandung itu kita lihat sangat tertata. Dan kita sekarang juga sedang menggalakkan pariwisata di tempat kita," imbuhnya.
 
Rombongan yang dipimpin Ketua Komisi E DPRD Riau, Masnur juga menambahkan, dengan dikembangkannya objek-objek pariwisata yang ada di Riau maka secara otomatis perekonomian masyarakat juga akan berputar ketika banyak wisatawan yang datang. Disisi lain, tentunya membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan.
 
"Untuk itu seluruh stakeholder harus saling bekerja sama, agar bagaimana pariwisata kita dapat berkembang dan dilirik oleh masyarakat luar," paparnya.
 
Politisi Golkar Riau ini pun menambahkan, salah satu contoh budaya yang ada di Provinsi Jawa barat tersebut yakni pakaian adat Sunda digunakan di lingkungan pemerintah di hari tematik itu merupakan kepedulian pemerintah terhadap budaya Sunda.
 
Ada juga komunitas yang bergerak di bidang kesenian seperti angklung dan karinding, mulai tampil dengan menggunakan iket Sunda untuk menunjukkan budaya Sunda.
 
"Hal yang seperti itu kita inginkan, semoga dapat direalisasikan juga di Provinsi Riau. Riau yang kental dengan budaya melayu, harus terus diaplikasikan juga dikehidupan masyarakatnya sendiri, sehingga budaya yang ada sejak dulu bisa terus terjaga," harapnya.
 
Pihaknya juga menginginkan, bagaimana pariwisata tersebut dapat dijadikan aset yang dapan memberi pendapatan asli daerah.
 
"Pariwisata bukan hanya sekedar tempat-tempat wisata saja, namun bisa dari sisi kuliner khas yang ada di daerah. Kalau di Jawa Barat sendiri  kuliner mereka sangat beraneka ragam. Kalau saya lihat kita belum mampu menerapkan itu. Kalau kita betul-betul serius dalam mengembangan itu, saya yakin multiple efek akan terjadi di daerah kita," ujarnya.
 
Selain masalah kebudayaan dan pariwisata, Komisi E juga belajar mengenai sistem kesehatan dan pendidikan yang ada di Provinsi Jawa Barat, yang mana disana mulai dari pelayanan kesehatan dan biaya pendidikannya sudah tertata dengan baik.
 
"Mereka sudah mempunyai Perda yang jelas mengatur maslah teraebut, kita yang saat itu disambut oleh Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Barat menjelaskan, secara rinci bagaimana sistem yang ada disana," imbuhnya.
 
Hal senada juga disampaikan oleh anggota Komisi E DPRD Riau lainnya, Yulisman mengatakan, saat ini Pemerinta Provinsi Riau sudah mulai berangsur-angsur melakukan perubahan di bidang pariwisata.
 
"Kita bisa melihat destinasi-destinasi sudah di mulai, mulai dari pembangunan insfrastruktur jalan yang ada di Riau 2017 sudah dianggarkan dan semua sudah dalam proses kita tunggu saja perkembangannya," katanya.
 
Pihaknya sebagai lembaga yang mengawasi kinerja pemerintah provinsi, akan selalu melakukan monitoring terhadap setiap pembangunan yang dilakukan Pemrov Riau.
 
"Kita yakin Pak Gubernur tidak min-main dalam mengembangkan pariwisata dan kebudayaan yang ada di Riau. Karena jika itu dapat terealisasi, nantinya juga akan mengangkat ekonomi kreatif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita sendiri. Selagi itu sifatnya membangun, kita dukung terus program di Riau ini," tutupnya. ADV

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia