Tingkatkan PAD Dari Sektor Perikanan, BBI Balairaja Segera Dibenahi

26 Okt 2017, 13:58:31 WIB
Duri, Detakriaunews.com - Sebagai Salah satu sumber pendapatan asli daerah, Balai benih ikan (BBI) Bengkalis Dirasa perlu mendapatkan berbagai pembenahan sarana prasarana dan teknologi yang lebih canggih.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bengkalis Amril Mukminin dalam kunjungan kerjanya di Balai Benih Ikan (BBI) Balairaja Kamis (26/10) pagi di UPT Dukcapil Kecamatan Pinggir.
 
Selain pembenahan sarana dan prasarana juga akan dilakukan kerja sama dengan pihak BBI Kerawang, agar produksi benih ikan semakin meningkat,berkualitas serta terkontrol.
 
" Selain pembenahan dibidang fisik juga dibutuhkan kejujuran dari para petugas yang diberi kepercayaan oleh pemerintah," ungkap Bupati.
 
BBI juga akan mengembangkan  produksi ikan dewasa untuk dipasarkan kepada konsumen.
 
"Prospek BBI memang menjanjikan. Kedepannya selain menyediakan benih ikan, BBI juga akan menyedikan ikan siap panen untuk dipasarkan," imbuhnya.

Sementara itu Plt Kadis Kelautan dan Perikanan Aulia
mengatakan bahwa saat ini ada 4 BBI di wilayah Kabupaten Bengkalis. Salah satunya BBI Balairaja Kecamatan Pinggir yang memiliki 44 petak kolam dan luas lahan 4 hektar. Serta memiliki laboratorium pembibitan jenis ikan gurami, patin, Nila dan lele.
 
"Setiap bulannya tersedia puluhan ribu benih ikan siap dipasarkan kepada peternak ikan. Para peternak ada yang datang langsung ke BBI untuk membeli dan bahkan ada juga yang kita antarkan ke alamat," kata Aulia.

Pembenahan berupa  renovasi kolam dan waduk  merupakan hal yang sangat mendesak. Sementara untuk sarana jalan pihaknya akan koordinasi dengan pihak PUPR Bengkalis dan serta pihak PLN untuk permasalahan aliran listrik.
 
" Kami menargetkan  PAD dari BBI tahun 2018 sebesar Rp 1,5 M, Sementara tahun 2017 masih mencapai Rp. 708 juta," Tutupnya. (JR)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...