Tingkatkan SDM Bidang Kearsipan, Dispusip Gelar Diklat

  • DRN
  • 07 Mei 2018, 10:10:05 WIB

Rohul, Detakriaunews.com - Dalam Rangka meningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan Arsip di OPD, khususnya di kecamatan dan perpustakaan sekolah dan desa Se-Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Rohul, gelar diklat arsip dan diklat perpustakaan.

 

Diklat yang dibuka Kepala Dinas Dispussip rohul Dr.Drs.H.Dipendri,S.Pd.MM, digelar dua hari mulai hari kamis 3 Mei hingga Sabtu 5 mei 2018, di Convention Hall Masid Agung Islamic centre rokan hulu.

 

Kegiatan tersbut dihadiri Kadis Dispersip Riau, Dr.Rahimah Erna diwakili oleh Kabid pembinaan dan pelayanan arsip Sri meka,SH.M.Si, perwakilan dari dinas, Camat, kepala desa,kepala sekolah dan sekretaris dispusip rohul H.T Habrizal, Kabid arsip Sumardi,SS.M.Si,Kabid perpustakaan Etawatti,SH dan Tamu undangan lainya.

 

Dalam sambutannya, kadis dispussip rohul Dr.Dipendri menyampaikan, Pemkab Rohul mendukung dan mengaprisiasi kegiatan ini. karna, sesuai UU 43 tahun 2009 tentang kearsipan, Dispusip berkewajiban membina,menata arsip yg ada di rokan hulu.

 

" makanya salah satu kegiatan yakni berupa diklat pemberkasan/penataan arsip in aktif ini, kita berharap dengan diklat ini, akan menambah wawasan dan pengetahuan mengelola arsip yg tertib sesuai aturan yg ada di OPD khususnya kantor camat se rokan hulu." Jelasnya

 

Dipendri mengharapkan, Setelah kegiatan ini kedepan akan pengawasan audit internal di OPD se rokan hulu dalam bentuk tim nantinya.

 

"Makanya diharapkan kepada petugas yang telah mengikuti diklat kearsipan ini agar dapat mengaplikasikan dan melaksanakan serta menata arsip dengan baik dan tertib sehingga dalam audit internal nantinya kita siap dalam untuk diaudit karna arsip kita sudah tertib" Ucapnya.

 

Sementara itu, Kabid arsip Sumardi,SS.M.Si menjelaskan, peserta diklat pemberkasan arsip ini aktif dari dari 16 kecamatan se rohul. setiap kecamatan masing-masing mengirim 2 orang peserta dg jumlah 32 orang, ditambah 2 orang dari petugas pengelola arsip Mamic rohul.

 

ditambahkan Sumardi, untuk diklat perpustakaan Desa dan sekolah SLTA se rohul, jumlahnya 32 orang peserta, termasuk 2 orang dari Mamic rohul, dan kegiatan diklat, difokuskan di hotel gelora bakti pasir pengaraian, dilaksanakan dari tgl 3-5 mei 2018.

 

"tenaga instruktur 2 orang tenaga Fungsional Arsiparis ahli muda dinas dispersip riau dan 2 orang tenaga Fungsional Pustakawan ahli muda dari dinas dispersip riau" jelasnya.

 

Sebelum kegiatan diklat ditutup, juga diadakan kunjungan peserta ke gedung depot arsip rohul dan perpustakaan H.Mahidin said rohu. (Ar)

 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia