Tiongkok Besut Memori Gabungan RAM Dan ROM Pertama Di Dunia

  • DRN
  • 16 Apr 2018, 15:40:03 WIB

Jakarta, Detakriaunews.com - Memori alias kapasitas penyimpanan biasanya terbagi ke dalam dua jenis: RAM dan ROM. Namun sekarang, ada memori baru yang diklaim pertama di dunia karena menggabungkan RAM dan ROM ke dalam satu perangkat sekaligus.

Seperti dilansir China Daily, Senin (16/4/2018), memori tersebut diciptakan oleh peneliti asal Shanghai, Tiongkok. Memori ini juga dipublikasikan dalam jurnal ilmiah asal Inggris, Nature Nanotechnology.

Nantinya, jenis memori teranyar ini bakal memungkinkan penyimpanan data dalam suatu periode yang ditentukan, sebelum akhirnya informasi yang disimpan hilang.

Peneliti asal Fudan University ini juga mengklaim memori besutan mereka bisa mengurangi konsumsi energi dari superkomputer.

Zhang Wei, pemimpin dari tim peneliti, menjelaskan alasan mengapa mereka membesut memori jenis baru. Menurutnya, masing-masing RAM dan ROM memiliki kekurangan yang dirasa belum melengkapi sebuah perangkat.

"RAM itu memang cepat dalam mengolah dan transfer data, tetapi informasi yang disimpan di dalamnya bisa hilang total kalau komputer dimatikan," kata Wei.

Sementara, kalau ROM, kata Wei, memiliki fungsi mirip seperti Flash Drive, data yang disimpan di dalamnya bisa bertahan hingga 10 tahun.

"Tapi soal kecepatan, ia malah tidak bisa diandalkan," ujar pria yang juga menjabat sebagai Direktur Sekolah Mikroelektrik di Fudan University tersebut.

10.000 Kali Lebih Cepat

Memori besutan peneliti ini juga diklaim Wei 10.000 kali lebih cepat dari Flash Drive yang dijual di pasaran sekarang. Tak cuma itu, memori baru itu juga mampu mengatur berapa lama informasi yang tersimpan, dari 10 detik hingga 10 tahun.

"Jadi nanti, di masa depan, kita bisa menerima Flash Drive dengan data yang hanya berlaku, ya ambil contoh tiga hari. Jadi ini bisa meningkatkan keamanan dari informasi tersebut," tutup Wei. (liputan6)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia