Tips Penderita Asam Lambung Agar Ibadah Puasa Tetap Lancar

  • DRN
  • 15 Mei 2018, 13:48:28 WIB

Detakriaunews.com - Tak terasa Ramadhan sudah didepan mata, tak sabar kita semua menanti kedatangan bulan yang penuh berkah tersebut. Dibulan Ramadhan sendiri, sebagai umat muslim kita akan menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh.

Puasa dibulan Ramadhan merupakan kewajiab kita sebagai umat Islam. Namun puasa Ramadhan menjadi masalah bagi sebagian orang, terutama yang memiliki masalah penyakit seperti penyakit lambung. Namun, bagaimanapun ibadah puasa harus tetap dijalankan.

Nah, bagi anda penderita penyakit lambung atau Maag, ada beberapa hal yang harus anda lakukan agar ibadah puasa tetap lancar dan tidak memperparah kondisi penyakit lambung yang anda derita. Nah berikut Tips Puasa Ramadhan Bagi Penderita Asam Lambung.


1. Konsultasi pada dokter


Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum melaksanakan ibadah puasa yaitu berkonsultasi pada dokter. Dokter akan tahu apa yang harus anda lakukan ketika anda menjalankan ibadah puasa. Dokter akan memberikan obat yang anda butuhkan ketika menjalankan ibadah puasa. Dengan demikian, anda akan tetap aman menjalanka ibadah puasa meskipun anda menderita penyakit asam lambung atau maag.


2. Memperhatikan asupan makanan


Disaat berpuasa, lambung kita tak akan terisi makanan selama seharian. Untuk itu penting bagi penderita penyakit asam lambung untuk memperhatikan asupan makanan. Selama Ramadhan, sebaiknya anda hindari makanan-makanan yang dapat memperparah atau membuat asam lambung kambuh. Beberapa makanan yang harus anda hindari antara lain yaitu makanan berlemak, gorengan, makanan pedas, minuman berkafein dan lain sebagainya.


3. Jangan berlebihan saat makan sahur


Makan sahur sangat penting dalam ibadah puasa, selain sunah dan mendapatkan pahala, makan sahur juga akan membuat kita lebih kuat dalam menjalankan ibadah puasa. Namun, dalam makan sahur, anda tak boleh berlebihan, terutama anda yang menderita penyakit asam lambung. Makan sahur atau berbuka secara berlebihan justru akan membuat perut terasa begah dan tak nyaman, hal ini akan mengganggu ibadah puasa anda.

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia