Turunkan 400 Personil, Polres Dumai Gelar Simulasi Pengamanan Pilgubri

  • DRN
  • 29 Jan 2018, 15:10:07 WIB

Dumai, Detakriaunews.com – Menghadapi pelaksanaan pemilihan Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau pada 27 Juni 2018 mendatang, Polres Dumai menggelar simulasi pengamanan Pilgubri. Dimana, untuk pengaman Pilgubri nanti akan ada sebanyak 400 personil yang diturunkan.

 

Dalam simulasi ini, sekelompok pemilih di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Dumai memprotes dan merusak sarana TPS. Ditambah lagi, aksi unjuk rasa di depan Gedung Komisi Pemmilihan Umum (KPU) berakhir bentrok dengan aparat kepolisian.

 

Kisruh berawal, ketika belasan warga tidak terima karena saat akan melakukan pencoblosan di salah satu TPS ditolak, karena alasan tidak terdaftar di TPS tersebut. Akibatnya, belasan warga marah dan merusak sarana pencoblosan dan kotak surat suara.

 

Kericuhan dapat diredam setelah terjadi dialog dengan Kapolsek Dumai Kota. Meski dialog berlangsung panas karena tidak dapat diselesaikan, maka oleh aparat keamanan warga dibawa ke kantor KPU Dumai.

 

Kedatangan warga dan petugas ternyata disambut aksi unjuk rasa. Pengunjukrasa menyampaikan orasi berujung aksi saling dorong dengan petugas. Disebabkan massa semakin beringas, puluhan polisi anti huru-hara pun diturunkan hingga terjadi aksi pelemparan dan anarkis.

 

Untuk membubarkan massa yang semakin beringas, polisi mengerahkan mobil water canon dan Tim Remus Pengurai Massa. Gas air mata terpaksa ditembakkan petugas, seorang pengunjuk rasa yang terluka dievakuasi petugas.

 

Kabag Ops Polres Dumai, Kompol Siringo Ringo mengatakan, kegiatan ini merupakan simulasi pengamanan Pilkada di Provinsi Riau, guna mengantisipasi gangguan keamanan selama berlangsung Pilkada di Kota Dumai.

 

“Untuk menghadapi Pilgubri nanti, kita melakukan simulasi pengamanan. Sebanyak 400 personil polisi dari Polres Dumai, akan dikerahkan dalam pengamanan Pilgubri nanti,” ungkap Kapolres Dumai. BRB

 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia