Untungkan Pejabat, APBD Kuansing 2018 Tak Pro Rakyat

20 Okt 2017, 13:46:55 WIB

Kuansing, Detakriaunews.com - Janji kampanye pemerintahan Mursini-Halim (MH) untuk membuat kebijakan-kebijakan pro rakyat,  ternyata hanya isapan jempol belaka. Alih-alih membuat kebijakan yang berpihak pada rakyat, pemerintahan MH sepertinya lebih mementingkan kesejahteraan para pejabatnya dari pada membuat kebijakan yang menguntungkan bagi masyarakat.

Hal ini dapat dilihat dari Kebijakan Umum Anggaran Plafond Penggunaan Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Kuansing tahun 2018, saat melakukan rapat bersama Tim Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kuansing. Akibatnya, Banggar DPRD Kuansing terpaksa membatalkan rapat tersebut karena merasa KUA PPAS 2018 yang disampaikan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kuansing tidak proporsional dan hanya menguntungkan pejabat.

"Dari estimasi APBD tahun 2018 sebesar Rp 1,2 Trliun, hamper Rp 900 millyar merupakan belanja pegawai dan Rp 300 miliar untuk pos-pos yang lainnya. inikan tidak proporsional," ujar Musliadi  selaku Ketua Komisi A DPRD Kuansing.

Politisi PKB yang dikenal dengan panggilan Cak Mus ini menilai, ajuan Draf KUA-PPAS yang disusun oleh TAPD ini terkesan hanya memberi keuntungan bagi pejabat saja.

"Dalam KUA-PPAS semua yang berkaitan dengan anggaran pejabat Kuansing mengalami kenaikan seperti kesra, tunjangan dan opersional," cetus Cak Mus.

"Jika pemerintahan MH benar-benar pro rakyat, harusnya TAPD menganggarkan untuk pembangunan fisik maupun program lainnya lebih besar, jangan hanya mencari keuntungan," tambah Cak Mus. 

Cak Mus menambahkan, selama ini Bupati Kuansing dibanyak kesempatan mendengungkan penghematan anggaran agar porsi anggaran untuk program pro rakyat lebih besar dibandingkan saat ini. 

"Yang disusun TAPD ini tidak mencerminkan rasionalisasi yang selama ini didengungkan oleh Bupati, oleh karena itu anggaran untuk belanja pegawai harus dirasionalisasi dan dahulukan kepentingan rakyat," tutup Cak Mus. PAT

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...