Wakil Bupati Kampar Hadiri Jakarta Food Security Summit 4

  • DRN
  • 09 Mar 2018, 14:44:20 WIB

JAKARTA, Detakriaunews.com – Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH menghadiri Jakarta Food Security Summit 4 (JFSS4) hari ini di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta yang dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK). 8/3/18

Festival dengan tema `Pemerataan Ekonomi Sektor Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Melalui Kebijakan dan Kemitraan` ini merupakan bagian acara yang diselenggarakan Kamar Dagang Indonesia (Kadin).

Wakil Bupati Kampar didampingi Kadis Perkebunan dan Peternakan Hewan Kabupaten Kampar Ir Bustan, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kampar Febrinaldi Tridharmawan S.STP, M.Si, Kabag Kerjama Setda Kampar Sabaruddin S.Sos, Kabid Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Kampar Nanik Suryanti, SP, MMA.

JK menyatakan sektor pertanian merupakan sektor yang perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah maupun berbagai pihak. Selain itu, menyangkut kesejahteraan petani.

"Pertanian secara umum paling banyak tantangannya di dunia ini,"ujar JK

JK juga menyampaikan pentingnya kemitraan antara pengusaha dan petani guna meningkatkan produktifitas di sektor pertanian. Menurutnya, pengusaha bisa membantu para petani dengan modal yang mereka miliki untuk melakukan pemasaran terhadap produk-produk pertanian.

Pemerintah sendiri, katanya, telah berusaha meningkatkan daya beli para petani. Salah satunya dengan pembangunan tol laut, yang dapat menurunkan ongkos logistik di Tanah Air.

Sementara itu Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dalam pers realesnya menyatakan komitmennya mendukung peningkatan produktivitas sektor pangan sekaligus mensejahterakan para petani selaku aktor utama dalam mencapai ketahanan pangan nasional. “Upaya Indonesia mencapai ketahanan pangan mesti disokong oleh kesejahteraan petani yang baik pula," ungkap Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan P. Roeslani di Jakarta (6/3/2018).

Guna mewujudkan ketahanan pangan nasional, KADIN melalui Bidang Agribisnis, Pangan dan Kehutanan, Bidang Pengolahan Makanan dan Industri Peternakan, serta Bidang Kelautan dan Perikanan memprakarsai Jakarta Food Security Summit ke 4 (JFSS 4) yang akan berlangsung pada 8-9 Maret 2018 di Jakarta Convention Center (JCC). Wakil Ketua Umum KADIN bidang Agribisnis, Pangan dan Kehutanan Franky O. Widjaja mengatakan, “Pada JFFS yang tahun ini memasuki penyelenggaraan ke empat, kita coba menyelaraskan upaya lintas pemangku kepentingan dalam meningkatkan produksi, nilai tambah serta daya saing komoditas pangan nasional yang telah dilakukan dalam gelaran sebelumnya, ke skala yang lebih besar dan menyeluruh."

Mengangkat tema `Pemerataan Ekonomi Sektor Pertanian, Peternakan dan Perikanan Melalui Kebijakan dan Kemitraan", menurut Franky, JFSS 4 akan fokus pada sejumlah hal, antara lain akses terhadap lahan pertanian, dimana petani diharapkan memiliki akses yang legal terhadap lahan, sesuai dengan skala ekonomi mereka. Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Pengolahan Makanan dan Industri Peternakan Juan Permata Adoe mengatakan, “Pengembangan komoditas pangan diharapkan dapat berlangsung berdasarkan ldasterlsasi, juga zonasi."

Usai pembukaan, malamnya Acara dilaksanakan penandatanganan naskah kesepahaman Pola Kemitraan Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) antara Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi bersama Bupati dan Perusahaan.
Prukades ini dijadikan program unggulan untuk ditetapkan pengembangan potensi di masing-masing wilayahnya. Juga merupakan wujud kepedulian pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja baru dengan produk unggulan desa. Az

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia