Waspada! Belacan dan Kerupuk di Rengat Diduga Pakai Pengawet

  • DRN
  • 18 Jun 2016, 11:05:22 WIB

Rengat, Detakriaunews.com - Bagi warga yang membeli makan dan minuman di Pasar Ramadan, perlu hati-hati dan waspada. Karena BPOM bersama Disperindagpas mencurigai sejumlah makanan dan minuman yang mengandung zat pengawet.

“Biasanya, makan dan minuman yang mengandung zat pengawet pada makan dan minuman berwarna lebih cerah,” kata Kabid Pengawasan pada Disperindagpas Inhu Ari Prasetio Sunarto SE, Jumat (17/6).

Dijalaskannya, untuk memastikan adanya zat pengawet pada makan dan minuman yang beredar di Pasar Ramadan, piihaknya bersama BPOM Riau langsung turun di dua titik.

Di mana pada titik pertama dilaksanakan di Air Molek Kecamatan Pasir Penyu pada Rabu (15/6) sore dan titik kedua di Pasar Rakyat Rengat pada Kamis (16/6).

Untuk membuktikan adanya zat pengawet di sejumlah makanan dan minuman yang dijual di Pasar Air Molek, telah diambil sebanyak 27 sampel. Pengambilan sampel tesebut dilakukan terhadap makanan dan minuman yang dicurigai.

Bahkan, kuat dugaan ada di antara minuman yang dijual di Pasar Air Molek memakai zat pengawet jenis borag. “Untuk sementara baru bisa dicurigai. Karena sampel yang ada langsung dibawa BPOM untuk diuji melalui labor di Pekanbaru,” ungkapnya.

Begitu juga di Pasar Rakyat Rengat pihaknya bersama BPOM juga mengambil sampel sedikitnya di 30 jenis makanan dan minuman. Dari salah satu sampel yakni belacan dan kerupuk yang belum diolah tanpa ada nama diduga mengandung zat pengawet jenis rodamin.

Lebih jauh disampaikannya, dua jenis zat pengawet yang dicurigai itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, dapat berdampak terserang penyakit kanker dan ginjal.

Untuk hasil uji labor yang sudah dilakukan oleh BPOM, akan disampaikan secara terbuka. Sehingga dengan harapan masyarakat tidak lagi mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat pengawet.

“Bersamaan dengan itu, juga dilakukan sidak ke sejumlah toko obat dan kosmetik untuk pengawasan barang kedalursa dan barang tidak memiliki izin edar,” terangnya.(hen/rpg)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia