Wisata Religi Rantau Binuang Sakti Butuh Perhatian Pemerintah

  • DRN
  • 28 Feb 2018, 16:00:42 WIB

Kepenuhan, Detakriaunews.com - Sebagai generasi muda yang ingin berbakti kepada kampung halaman, perkumpulan mahasiswa asal Rohul mengungkapkan rasa kekecewaannya terhadap pemerintah daerah. Pasalnya, kawasan objek wisata religi makam Tuan Guru Syeikh Abdul Wahab Rokan yang berlokasi di Desa Rantau Binuang Sakti Kecamatan Kepenuhan, sangat membutuhkan perhatian khusus dari Pemkab Rohul.

 

Sebelum turun ke lokasi makam, perkumpulan mahasiswa asal Rohul tersebut melakukan audiensi bersama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rohul. Rencananya, disekitar lokasi makan akan dibangun Surau Suluk karena lahan yang tersedia cukup luas yakni mencapai 6 hektar lebih.

 

Ketua Umum Hipermari Jakarta, Riski Beradat mengatakan, lokasi makam Tuan Guru Syeikh Abdul Wahab Rohul sangat membutuhkan perhatian serius dari pemerintah daerah. Pasalnya, lokasi tersebut memiliki potensi wisata yang cukup bagus untuk dikembangkan dan dilestarikan.

 

“Kita cukup menyayangkan terhadap sikap pemerintah daerah, yang dinilai sangat kurang peduli. Jalan akses ke lokasi saja rusak, bagaimana wisatawan mau datang berkunjung. Padahal, lokasi tersebut menyimpan banyak nilai sejarah yang sangat berharga. Kalau di upload ke media sosial, lokasi ini kan bisa jadi viral sehingga membuat warga penasaran lalu datang berkunjung,” beber Riski kepada Detakriauews.com, Rabu (28/02).

 

Salah seorang tokoh agama Desa Rantau Binuag Sakti, KH Syahril Tuan Mursyid mengatakan, meski belum se terkenal Mesjid Ilamic Center Rohul namun kawasan makam Tun Guru Syeikh Abdul Wahab Rokan kini mulai banyak dikunjungi warga.

 

“Tuan Guru Syeh Abdul Wahab Rokan sendiri, merupakan tokoh kebanggaan umat islam di Negeri Seribu Suluk. Ada beberapa warga yang datang kesini, namun tidak terlalu banyak karena jalan kesini cukup jelek. Semoga, Pemkab Rohul bisa merespon ini dengan cepat sehingga kawasan makam ini bisa ramai dikunjungi,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Camat Kepenuhan, Recko Reandra mengatakan, perhatian yang diberikan oleh generasi muda Rohul terhadap keberadaan wisata religi di Rohul, patut mendapatkan apresiasi. Pasalnya, mereka peduli terhadap kelestarian budayan daerah yang kii mulai banyak dilupakan.

 

“Saya bangga melihat adik-adik mahasiswa kita, yag peduli terhadap pelestarian budaya di daerah. Sejak tahun 2015 lalu, Pemkab Rohul mulai menata secara bertahap kawasan wisata religi Tuan Syeikh Abdul Wahab Rokan sehingga bisa dikunjungi oleh warga atau wisatawan luar. Haya saja, higga kini penataannya tak kunjung selesai karena terbatasnya anggaran yang dimiliki daerah,” ungkap Recko. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia