11 CPNS Riau Ikuti Orientasi Latsar Kemendikbud Angkatan 2018

  • DRN
  • 13 Mei 2019, 15:28:02 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Sebanyak 11 orang CPNS Riau di bawah Kemendikbud RI, mengikuti pelatihan paling dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) atau cukup disebut Latsar, bertempat di kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Riau, Senin (13/05). Latsar merupakan syarat bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sebelnya lebih dikenal dengan istilah Diklat Prajab.

Dalam Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2000 tentang pendidikan dan pelatihan jabatan Aparatur Sipil Negara (Pegawai Negeri Sipil), antara lain ditetapkan jenis-jenis diklat ASN/PNS. Salah satu jenis diklat adalah Latsar CPNS (Golongan I, II, atau III) yang merupakan syarat pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk menjadi ASN/PNS sesuai golongan tersebut di atas. Kesebelas orang CPNS Riau dibawah Kemendikbud yang mengikuti Latsar terdiri 3 orang CPNS dari LPMP Riau, 2 orang CPNS dari Balai Bahasa Riau dan 6 orang dari BP PAUD dan dikmas Riau. 

‌Kegiatan ini diselenggarakan oleh Diklat Kemendikbud dan dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan RI - Muhadjir Effendy. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala LPMP Riau - Mulyatsah, MM serta didampingi oleh Kasubag Umum LPMP Riau - Lelik Hidayati, Kasi SI - Syukhmide Hendri, Kasi FPMP - Eriswan dan Kasi PMS - Zukirman.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy mengatakan, pembukaan orientasi yang diikuti 650 orang CPNS Kemendikbud 2018 se Indonesia ini dilaksanakan secara daring online (video confrence) oleh masing-masing perwakilan LPMP dari 34 provinsi se Indonesia. Dimana, simulasi Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas menjadi fokus utama dalam Latsar CPNS Kemendikbud angkatan 2018.

Dari 6 ribu peserta yang mendaftar menjadi CPNS Kemendikbud 2018, hanya 636 orang CPNS Kemendikbud yang lulus. Tolong kesempatan ini jangan disia-siakan, teruslah belajar dan mempuni dalam bekerja dilingkungan kerja masing-masing. CPNS Kemendikbud 2018, harus siap ditempatkan dimana saja diseluruh Indonesia dan harus berprestasi,” ungkap Muhadjir kepada Detakriaunews.com, Senin 13/05.

‌Latsar CPNS dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia