2019, DPRD Pekanbaru Komit Dukung Program Pengangkatan GTT

  • DRN
  • 14 Sep 2018, 13:44:01 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com – Pada tahun 2019 mendatang, Pemerintah Kota Pekanbaru bersama dengan DPRD Pekanbaru akan mendorong program pengangkatan guru komite menjadi guru tidak tetap atau GTT. Dimana, ada sebanyak 1.058 guru komite yang akan diangkat menjadi GTT, namun akan dilakukan secara bertahap.

Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Zulfan Hafiz mengatakan, nasib 1.058 guru komite di Pekanbaru memang sangat memprihatinkan. Pasalnya, mereka hanya menerima gaji seadanya meski mereka telah mencetak banyak generasi bangsa yang berprestasi dan sukses.

“Kalau dulunya, pengangkatan guru komite ini kan kewenangannya ada di kepala sekolah. Mereka hanya digaji sekitar Rp 300-400 ribu per bulan melalui dana BOS, serta adanya tambahan uang insentif dari Pemko Pekanbaru sebesar Rp 600 ribu per bulan melalui dana APBD. Kita sangat mendukung langkah Pemko Pekanbaru, untuk mengangkat guru komite menjadi guru tidak tetap (GTT) pada tahun 2019 mendatang yang dilakukan secara bertahap. Kenapa Pemkot DKI Jakarta bisa, kok kita tidak,” ungkap Zulfan Hafiz kepada Detakriaunews.com, Jumat (14/09).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Abdul Jamal mengungkapkan, bahwa pengangkatan guru komite menjadi GTT ini diperbolehkan oleh Undang-undang ASN. Meski dilakukan secara bertahap, ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk mensejahterakan guru honor komite di Pekanbaru, yang sudah mengabdi belasan hingga puluhan tahun lamanya dengan gaji seadanya.

“Kita sudah mengajukan pengangkatan guru komite menjadi GTT sebanyak 355 orang pada awal tahun 2019 mendatang. Sedangkan sisanya, akan diangkat bertahap hingga tahun 2021 nanti. Berbicara mengenai gaji, sementara kita alokasikan sebesar Rp1,5 juta per bulan sesuai dengan kesanggupan keuangan daerah,” tegas Jamal.

Saat ini, pihak DPRD dan Pemko Pekanbaru terus berkoordinasi, karena akan ada kajian serta aturan yang terlebih dahulu harus disepakati terkait wacana pengangkatan GTT. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia