3 Aplikasi Yang Cocok Untuk Smarphone Spesifikasi Rendah

  • DRN
  • 13 Sep 2018, 19:45:48 WIB

Detakriaunews.com - Smartphone saat ini seakan sudah menjadi barang wajib yang dimiliki semua orang, tidak hanya untuk berkomunikasi dengan keluarga dari jarak jauh, tapi juga teman dan rekan kerja. Oleh sebab itu, saat ini muncul banyak aplikasi dengan berbagai fungsi untuk membuat pengalaman penggunaan smartphone menjadi lebih menyenangkan.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki smartphone dengan spesifikasi tinggi, sehingga ada keterbatasan memori penyimpanan dalam penggunaan aplikasi. Beruntung, saat ini ada beberapa aplikasi yang hanya membutuhkan sedikit kapasitas penyimanan.

Smartphone dengan spesifikasi rendah atau segmen low-end, kini tetap bisa asyik digunakan dengan kehadiran sejumlah aplikasi "ringan" atau biasa disebut sebaga versi "Lite".

Berikut tiga aplikasi ringan atau versi Lite populer untuk smartphone Android:

1. Facebook Lite

Facebook adalah salah satu media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbanyak di dunia. Sebagai media sosial populer, Facebook pun memanjakan para penggunanya dengan menghadirkan versi Lite.

Facebook Lite hanya membutuhkan ruang penyimpanan kurang dari 2MB. Aplikasi ni menghilangkan beberapa animasi visual, serta menggunakan antar muka alias UI yang lebih sederhana, agar bisa berjalan dengan baik pada smartphone dengan spesifikasi rendah.

Uniknya, meski ini merupakan versi Lite, fitur-fitur utama di versi biasa tetap ada. Pengguna Facebook Lite di antaranya tetap bisa memperbarui status, mendapatkan notifikasi dan menyimpan foto.

2. Messenger Lite

Facebook juga memiliki versi Lite dari aplikasi pesannya, Messenger. Para pengguna Messenger Lite tidak hanya bisa mengirim pesan, tapi juga melakukan panggilan suara dan video.

Tampilannya aplikasi ini pun sederhana. Untuk ukuran sendiri, aplikasi ini hanya membutuhkan ruang penyimpanan sekira 8MB saja. Sebagian besar fitur dari Messenger biasa ada di dalam aplikasi ini.

3. YouTube Go

Sebagai salah satu media streaming populer, YouTube cukup memakan banyak kuota jika pengguna terlalu lama menggunakannya. Untuk mengatasi hal tersebut, Youtube merilis versi Lite dari aplikasinya yang diberi nama Youtube Go.

Terbukti, aplikasi ini sangat hemat kuota dan mampu berjalan dengan baik pada smartphone dengan spesifikasi rendah. Selain bisa digunakan untuk streaming, Youtube Go juga menyertakan fitur untuk mengunduh video.

YouTube Go sudah tersedia di 130 negara di dunia, termasuk Brasil, Meksiko dan Turki. Pengguna Android bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store. (Liputan6.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia