5 Kabupaten dan Kota di Riau Gelar Perhitungan Suara Pemilu 2019

  • DRN
  • 02 Mei 2019, 18:06:54 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Lima Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten dan kota di Riau gelar Pleno Penghitungan Suara Pemilu 2019, Pleno PPK Pangkalan Kerinci tuntas.

Hari ini Kamis (2/5/2019) dijadwalkan pelaksanaan pleno penghitungan suara di tingkat KPU Kabupaten dan Kota ada lima Kabupaten dan Kota.

Sebelumnya sudah ada empat Kabupaten yang lebih dulu melaksanakan pleno. Lima Kabupaten dan Kota yang akan pleno hari ini adalah Inhu, Kampar, Kuansing, Meranti dan Pekanbaru. Sedangkan empat Kabupaten yang sudah mulai pleno di KPU Kabupaten adalah Inhil, Rohul, Rohil, dan Siak.

"Baru empat yang sudah mulai dan lima daerah lagi mulai hari ini," ujar Komisioner KPU Riau Divisi Data Abdul Rahman kepada Tribunpekanbaru.com Kamis.

Abdul Rahman mengatakan sejauh ini pelaksanaan pleno penghitungan suara ditingkat KPU Kabupaten dan Kota di Riau masih berjalan lancar tanpa ada kendala.

"Sejauh ini masih berjalan lancar, kita harapkan semuanya tidak ada masalah," ujar Abdul Rahman.

Sebagaimana agenda pleno di tingkat KPU Kabupaten dan Kota ini sebdiri hanya dilakukan rekap secara terbuka suara yang sudah direkap ditingkat PPK Kecamatan sebelumnya.

"Jadi hanya pleno rekap terbuka, dihadiri saksi dan semua yang terlibat," ujar Abdul Rahman.

Perekapan suara di tingkat Kabupaten dan kota ini sendiri ada peluang untuk dilakukan hitung ulang isi dalam kotak, jika dalam rapat pleno ada keberatan dari saksi.

"Hitung ulang bisa aja terjadi kalau ditemukan keberatan saksi atau ada selisih perhitungan peserta," jelas Abdul Rahman.

Hari Ini Pleno PPK Kecamatan Pangkalan Kerinci Dipastikan Tuntas Rapat pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pangkalan Kerinci akan kembali dilanjutkan hari ini, Kamis (2/5/2019) di aula kantor kecamatan.

Total sudah 12 hari pleno berlangsung sejak dimulai pada tanggal 20 April lalu untuk merakap perolehan suara dari lima jenis surat suara di 225 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Petugas penyelenggara pemilu, para saksi, dan pengawas masih berkutat dengan perhitungan pasti suara pemilih dengan pengawalan ketat aparat keamanan.

Menurut Ketua Panitian Pemilihan Kecamatan (PPK) Pangkalan Kerinci, M Jais, proses rekapitulasi suara dipastikan hari ini akan berakhir.

Dari 225 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di empat desa dan tiga kelurahan tersisa hanya 6 TPS lagi yang musti diselesaikan.

"Paling lama siang atau sore nanti sudah selesai semuanya, karena cuman 6 TPS lagi yang belum," beber M Jais kepada tribunpelalawan.com, Kamis (2/5/2019).

Setelah rekap suara per TPS dan kotak suara selesai, pihaknya akan kembali mengkroscek seluruh data-data yang sudah diimput ke aplikasi DA1 bersama para saksi dan pengawas kecamatan. Untuk menghidari adanya data yang keliru ataupun dugaan kecurangan atau bahkan tidak singkron dengan DAA1.

"Kita tak mau kejadian seperti kecamatan yang lain itu. Sebelum DA1 diprint, kita periksa ulang lagi semuanya baru ditandatangani," tandasnya.

Meski hari ini rekapitulasi perolehan suara berakhir, pihaknya tidak memaksakan untuk pleno akhir penetapan suara hari ini juga. PPK mengagendakan pleno terakhir pada Jumat (3/5/2019) besok, agar waktu untuk pengecekan lebih leluasa dengan hasil yang akurat.

"Sampai sekarang belum ada yang tumbang petugas kita, cuman kelelahan. Pagi ini tim medis dari puskesmas akan mengecek kembali sebelum pleno dimulai," tandasnya.

Lima KPU Kabupaten dan Kota di Riau Pleno Penghitungan Suara, Pleno PPK Pangkalan Kerinci Tuntas. (TribunPekanbaru.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia