7 Fakta Menarik tentang Cendrawasih, Si Burung Surga

  • DRN
  • 26 Jun 2019, 13:09:26 WIB

Jakarta, detakriaunews.com - Siapa yang tidak kenal dengan burung Cendrawasih. Saking cantiknya, burung ini menjadi salah satu daya tarik utama dari provinsi Papua.

Tapi, mungkin belum banyak yang mengetahui fakta-fakta menarik tentang burung nan cerah dan menarik ini. Berikut adalah 7 fakta menarik tentang burung Cendrawasih yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Apa Itu Burung Cendrawasih?

Burung Cendrawasih merupakan anggota dari famili Paradisaeidae dan dari ordo Passeriformes. Burung ini memiliki ukuran yang beragam tergantung dari spesiesnya. Seperti spesies King bird of paradise yang memiliki ukuran 15 cm hingga spesies Black Sicklebill yang berukuran 110 cm.

Burung ini terdiri atas 14 genus dan 43 spesies. Jenis Cendrawasih yang paling terkenal adalah Cendrawasih Kuning Besar atau Paradisaea apoda yang berasal dari genus Paradisaea.

Karakteristik utama burung ini adalah warna bulunya yang cerah dan menarik perhatian seperti kuning, hijau, merah, dan biru. Cendrawasih biasanya dinamakan sesuai dengan warna dominannya, seperti Cendrawasih Kuning Kecil, Cendrawasih Kuning Besar, dan Cendrawasih Merah.

2. Sempat Menjadi Komoditi Perdagangan

Saking cantiknya, burung ini dinamai Birds of Paradise atau Burung Surga oleh orang Inggris yang sebelumnya tidak mempercayai eksistensi burung tersebut. Bahkan Cendrawasih sempat menjadi hadiah untuk raja-raja pada tahun 1522 setelah orang-orang Eropa mengakui eksistensinya.

Tidak hanya itu, bulunya yang cantik sempat menjadi komoditas perdagangan pada akhir abad 19 dan awal abad 20 karena menjadi tren untuk menghias topi oleh wanita di Eropa.

3. Habitat Burung Cendrawasih

Burung ini hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur seperti pulau-pulau di Selat Torres dan Papua, Papua Nugini, dan bagian timur Australia. Dari 41 spesies Cendrawasih yang ada di Indonesia, 37 di antaranya hidup di Papua. Habitat aslinya di hutan lebat yang berada di dataran rendah.

4. Populer di Barat karena Program Televisi

Cendrawasih pertama kali populer di Barat pada tahun 1996. Popularitas tersebut berkat program televisi yang dipandu oleh penyiar dan pencinta alam David Attenborough.

Saat itu, Attenborough mengambil cuplikan kehidupan Cendrawasih saat ia sedang dalam perjalanan di Papua Nugini. Dalam video tersebut, ia memperlihatkan kebiasaan makan dan kawin, serta atribut dari spesies Cendrawasih tertentu.

5. Memiliki Ritual Kawin yang Unik

Cendrawasih jantan memiliki bulu yang berwarna cerah dan juga ritual tarian yang dimanfaatkan untuk menarik perhatian Cendrawasih betina. Tarian Cendrawasih jantan termasuk spektakuler karena menampilkan fleksibilitas bulu dan bentuk badan mereka yang semakin menonjolkan keindahan warna bulunya.

Cendrawasih jantan juga selalu serius dalam mempersiapkan ritual menari ini. Mereka bahkan terlihat membersihkan paruh mereka dan lingkungan di sekitar sarangnya untuk menjadi panggung ritual tarian mereka.

6. Termasuk Satwa yang Dilindungi

Karena kecantikannya, Cendrawasih menjadi sasaran perburuan liar. Belum lagi deforestasi untuk mengubah lahan hutan menjadi kebun yang tentu mengancam habitat mereka.

Hal ini menjadikan Cendrawasih sebagai salah satu satwa yang dilindungi pemerintah. Pemerintah Indonesia telah melindungi Cendrawasih melalui UU No. 5 Tahun 1990 dan PP No. 7 tahun 1999.

7. Tips untuk Mengamati Burung Cendrawasih

Walaupun termasuk satwa yang dilindungi, kamu masih bisa menikmati kecantikan burung Cendrawasih di alam liarnya. Ada beberapa daerah tujuan wisata di Papua, seperti di daerah Mamberamo Foja, Merauke, Wamena dan Jaya Wijaya di mana kalian bisa langsung mengamati Cendrawasih.

Ada beberapa tips penting yang harus diingat untuk mengamati Cendrawasih, yaitu jangan menggunakan parfum atau mandi sebelum mengamati burung. Karena Cendrawasih termasuk burung dengan indra penciuman yang sensitif.

Selain itu, indra pendengaran Cendrawasih juga termasuk tajam jadi jangan membuat suara-suara ketika kalian berada di wilayahnya. Kalian juga direkomendasikan untuk bersembunyi di balik pohon dan memakai pakaian berwarna gelap sehingga kalian tidak terlihat oleh Cendrawasih.

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia